Subscribe Us

header ads

Ingat! ASWAJA Bukan AZWAJA


Salah satu materi Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) IPNU-IPPNU Pacarpeluk adalah Dasar-Dasar Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Pematerinya adalah ustadz Muhammad Sururi Zulfa, sekretaris ASWAJA NU Center PCNU Jombang. Acara itu dimoderatori oleh Nine Adien Maulana.
Saat mengantarkan materi apersepsi awal sebagai moderator, ketua PRNU Pacarpeluk ini mengingatkan kepada peserta, "Rekan dan rekanita tolong hati-hati dalam menyebutkan istilah ini. Salah sebut, bisa mengubah makna sangat jauh."
Ketua takmir masjid Baitul Muslimin dusun Peluk itu menambahkan,"Yang benar ucapannya adalah ASWAJA, pake S. Kepanjangannya adalah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. Jangan dibaca AZWAJA, pake Z karena artinya adalah banyak isteri atau suami atau berpasang-pasangan." Pengantar itu pun berakhir dengan tepuk tangan dan tawa para peserta MAKESTA itu.
Dalam paparannya, Ustadz Muhammad Sururi Zulfa lebih banyak menyampaikan sejarah munculnya istilah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. Para peserta mengikutinya dengan tertib meskipun tampak banyak yang masih sangat awam dalam hal ini. 
Paparan materi ini pun diakhiri dengan dialog. Di luar dugaan, dalam dialog inilah muncul pertanyaan-pertanyaan kritis tentang masalah-masalah aktual yang dikaitkan dengan perspektif ASWAJA. 
Meskipun forum ini tidak bisa memberikan penjelasan yang sangat detail tentang Mafahim dan Manhaj ASWAJA, namun telah memberikan pengantar kepada para kader muda NU ini dalam mengembangkan diri. 
"Ke depan, saya minta PR IPNU-IPPNU Pacarpeluk mengadendakan daurah ASWAJA bagi pemula. Kita bisa bekerja sama dengan ASWAJA NU Center PCNU Jombang", kata NIne Adien Maulana sebelum mengakhiri sesi itu. {abc}

Post a Comment

0 Comments