Subscribe Us

header ads

Koin Uang Receh Itu Bernilai Lebih


Koin recehan Rp. 500,00 atau Rp. 1.000,00 jika sendiri mungkin manfaatnya tidak akan banyak diperhitungkan. Kehilangan satu atau dua koin itu tidak akan menimbulkan kekecewaan, bahkan kesedihan. Sebaliknya, mendapatkan satu atau dua koin itu rata-rata tidak membangkitkan perasaan gembira suka cita.
Jika koin-koin itu dikumpulkan, ternyata nilai dan kemanfaatannya pasti jauh lebih besar. Setidak-tidaknya hal itu telah dibuktikan dan dirasakan oleh masyarakat desa Pacarpeluk. Gerakan Pacarpeluk Bersedekah yang dimotori oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama desa ini melalui UPZISNU mengajak semua warga menyisihkan koin Rp. 500,00 sebagai sedekah harian. Hampir tiap rumah warga desa itu kini terdapat kaleng-kaleng koin sedekah.
Tiap bulan telah terkumpul lebih dari Lima Juta Rupiah koin-koin sedekah dari desa itu. Program-program penyaluran baik dalam bidang sosial maupun kesehatan telah dilaksanakan. Masyarakat pun telah merasakan manfaatnya secara langsung.
Manfaatnya tidak hanya terbatas untuk masyarakat desa itu. Melalui dana sedekah itu UPZISNU Pacarpeluk bisa berpartisipasi memberikan donasi kepada korban bencana alam di Pacitan. Dua Juta Rupiah yang sebagian besar berupa uang recehan koin Rp. 500,00 atau Rp. 1.000,00 itu pun dititipkan kepada NU Care LAZISNU Jombang untuk diserahkan secara langsung kepada di lokasi terjadinya bencana alam Pacitan.
Apa yang dilakukan oleh NU Pacarpeluk ini baru sedekah yang terkelola dengan lingkup kecil. Andai Zakat, Infak dan Sedekah umat Islam dapat dikelola secara tepat dan penuh amanah, tentu manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat jauh lebih dahsyat. {abc}  

Post a Comment

0 Comments