Subscribe Us

header ads

Kunjung Warga Sakit: Sunnah Rasul yang Diorganisasikan


Mengunjungi orang yang sakit adalah amal ibadah mulia yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Allah SWT memberikan pahala yang amat besar dan mulia bagi pelakunya.
Rasulullah SAW bersabda:
إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ  .
Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang  muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).
Dengan dasar itulah, program kunjung warga sakit yang dikelola oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Pacarpeluk melalui UPZISNUnya merupakan upaya mengorganisasikan sunnah Rasulullah SAW. Ini adalah program yang sangat mulia untuk membina kerukunan dan keharmonisan masyarakat, buah pengelolaan Gerakan Pacarpeluk Bersedekah.
Untuk melengkapai nilai ibadah dalam aktivitas ini, maka para pengunjung warga sakit hendaknya mendoakan orang sakit yang dikunjunginya itu dengan doa sebagai berikut:
لاَ بَأْسَ طَهُورٌ اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ
Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Alloh.” (HR. al-Bukhari).
Atau doa:
أَسْأَلُ اللَّهَ العَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ
Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud)
Mari bersama-sama menyukseskan program mulia yang bernilai ibadah ini dengan ambil bagian dalam Gerakan Pacarpeluk Bersedekah. {abc} 

Post a Comment

0 Comments