Subscribe Us

header ads

PERNYATAAN SIKAP ALIANSI MASYARAKAT PEDULI PALESTINA


Merespon
PIDATO PRESIDEN AMERIKA SERIKAT DONALD TRUMP
pada hari Rabu, 6 Desember 2017
YANG MENGAKUI JERUSSALEM SEBAGAI IBUKOTA ISRAEL

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Dengan senantiasa memohon petunjuk, bimbingan, dan ridha Allah Swt; dalam setiap langkah dan mengambil keputusan demi memperoleh kemanfaatan bersama.
Pembukaan UUD 1945 secara tegas menyatakan bahwa penjajahan diatas dunia harus dihapuskan. Dengan pijakan itu, bagi bangsa Indonesia perjuangan mengakhiri penjajahan, termasuk penjajahan Israel atas Palestina adalah amanah konstitusi yang harus dilaksanakan.
Apalagi mencermati fakta sejarah, bahwa Palestina adalah salah satu Negara di dunia yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia, di saat dunia Internasional belum bersedia mengakuinya. Untuk itulah memperjuangkan kemerdekaan Palestina, bagi Rakyat Indonesia adalah memperjuangkan hak hidup saudara nya.
Berkenaan dengan hal tersebut, mencermati Pidato Presiden Amerika Serikat DONALD TRUMP pada Rabu 6 Desember 2017 yang mengakui Jerussalem sebagai ibukota Israel. Kami memandang tindakannya itu telah mengabaikan tiga resolusi tingkat tinggi yang dikeluarkan oleh Dewan Keamanan PBB;
  1. Resolusi nomor 242 tahun 1967, yang meminta Israel menarik diri dari tanah yang diduduki tahun 1967, termasuk didalamnya Jerusalem.
  2. Resolusi nomor 478 tahun 1980, terkait penolakan keputusan pemerintah penjajah Israel yang mencaplok Jerusalem dan menjadikannya sebagai ibukota abadi bagi Negara penjajah Israel.
  3. Resolusi nomor 2334 tahun 2016 yang isinya, Dewan Keamanan PBB tidak mengakui perubahan apapun yang dilakukan Israel di wilayah perbatasan tahun 1967 termasuk Jerusalem tanpa melalui jalan perundingan.
DAN DENGAN INI ; ALIANSI MASYARAKAT PEDULI PALESTINA  Menyatakan Sikap Sebagai Berikut :
  1. Mengutuk keras pernyataan Presiden Amerika Serikat DONALD TRUMP yang mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel dan rencananya melakukan pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Jerussalem. Sikap tersebut merupakan bentuk kezaliman terhadap bangsa Palestina dan umat Islam serta merupakan bentuk agresi, provokasi, perbuatan terorisme yang sebenarnya, dan pelanggaran hukum internasional.
  2. Mengecam keras standar ganda Amerika Serikat yang tidak bersungguh-sungguh dalam membantu proses perdamaian antara Palestina dan Israel.
  3. Mendesak Presiden Amerika Serikat DONALD TRUMP untuk segera mencabut keputusan kontroversialnya tersebut.
  4. Mendukung Langkah-langkah Pemerintah Indonesia agar bertindak aktif dalam melakukan diplomasi politik Internasionalnya melalui Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Liga Arab, PBB, untuk segera mengupayakan kemerdekaan bagi Palestina, menyepakati dan memperjuangkan Jerusalem sebagai ibukota Palestina; dan menekan pemerintah Amerika Serikat supaya mencabut keputusan kontroversial tersebut.
  5. Menyerukan serta memohon dengan sangat kepada pada para Kyai, Ulama, Habaib, Pimpinan Pondok Pesantren - Sekolah dan Madrasah, Imam dan Takmir Masjid, Pemuka dan Pimpinan Agama, Pimpinan Pemerintahan dan Tokoh Masyarakat; untuk bersama, berjamaah, dan bersinergi dengan penuh kepedulian memanjatkan doa dan memohon pertolongan Allah untuk kebaikan dan keselamatan bangsa Palestina.
Demikian Pernyataan Sikap ini disampaikan. Semoga Allah menolong dan meridhai apa yang kita upayakan bersama.

Jombang, 17 Desember 2017

AKSI SOLIDARITAS
ALIANSI MASYARAKAT PEDULI PALESTINA





H. ZULFIKAR D IKHWANTO, S.Sos, M.Si                            MUIZZUN HAKAM, SH. S.Pd.I
                         Kordinator                                                               Sekretaris


Post a Comment

0 Comments