Subscribe Us

header ads

Terbukti, Bangkitnya Spirit Filantropi Nahdlatul Ulama

Bencana alam yang melanda Pacitan dan sekitarnya menjadi momentum yang sangat tepat bagi jamaah dan jam’iyyah Nahdlatul Ulama untuk mengonsolidasi kebangkitan semangat filantropi. Hal ini segera ditangkap dan dikemas NU Care-LAZISNU Jombang secara kreatif dalam penggalangan donasi untuk membantu para korban bencana alam itu. 

Semua lini massa NU disentuh untuk diajak bersama-sama bergotong royong untuk peduli dengan memberikan donasi. Upaya ini pun tidak sia-sia. Kebangkitan semangat filantropi NU telah terbukti. Dalam waktu singkat donasi terkumpul baik berupa uang maupun barang yang akan dikirimkan secara langsung kepada korban di Pacitan pada Kamis, 7 Desember 2017.

Barang-barang yang terkumpul bermacam-macam, diantaranya: baju kering anak anak dan dewasa, selimut dan bantal, obat obatan, pemalut wanita dan pempes. Jumlahnya secara kasat mata hampir memenuhi aula Panti Asuhan Putra NU Jagalan. Dibutuhkan mobil truck khusus untuk mengangkut barang-barang itu ke lokasi korban bencana. 

Donasi uang yang bisa dikumpulkan hingga akhir adalah Rp. 105.732.200,00 (Seratus Lima Juta Tujuh Ratus Tiga Puluh Dua Ribu Dua Ratus Rupiah). Jumlah ini sangat jauh melampaui prediksi awal, yakni sekitar 50 jutaan. 

Terkumpulnya semua donasi baik berupa barang maupun uang ini membuktikan keberhasilan mengonsolidasi spirit filantropi NU. NU terbukti masih bisa bergerak, digerakkan dan menggerakkan dalam bidang ini.  

Tentunya keberhasilan ini tidak boleh bersifat temporer sesaat. Harus terus ada tim penggerak dan tim kreatif yang memberdayakan potensi yang dimiliki oleh NU secara tepat. Jika tidak, maka aksi-aksi NU hanya bersifat reaktif sesaat, padahal yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah kemaslahatan yang berkelanjutan. {abc}   

Post a Comment

0 Comments