Subscribe Us

header ads

Selamat Hari Lahir NU ke-92 Masehi


Hari ini Rabu, 31 Januari 2018 bertepatan 92 tahun perhitungan tahun Masehi kelahiran Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi massa Islam ini didirikan oleh para kyai pada 16 Rajab 1344 H yang bertepatan 31 Januari 1926 M. 

Meskipun penanggalan Hijriyah itu menjadi patokan dalam peringatan hari lahir NU, namun tidak salah jika hari ini kami Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Pacarpeluk menyampaikan Selamat Hari Lahir NU ke 92 dengan perhitungan kaleder Masehi.

Semangat kemandirian jam'iyyah dan jamaah NU kini menjadi semangat kebangkitan para penggerak NU. Berbagai daerah telah menunjukkan best practice nya dalam mengupayakan semangat kemandirian itu. Sukabumi, Sragen, Pasirsakti Lampung dan Jombang telah memberikan model pengembangan kemandirian khususnya dalam bidang ekonomi.

Zakat, Infak dan Sedekah kini benar-benar menjadi bidang garapan NU Care LAZISNU di berbagai daerah untuk menggerakkan jam'iyyah dan jamaah secara simultan. Tidak hanya menggerakkan, pengelolaannya secara kreatif, amanah dan professional diyakini bias menjadi sarana saling menghidupi antara jamaah dan jam'iyyah.

Proyeksi kebangkitan kembali NU pada usia 100 tahun semakin menunjukkan tanda-tanda yang nyata dan jelas. Hal ini harus disadari oleh para kader penggerak NU di mana saja, khususnya yang berada di MWC dan Ranting agar tidak sekadar terjebak kepada romantisme heroik, namun mewujud dalam aksi-aksi populis yang nyata.

Pengurus NU, khususnya di tingkat Pusat, Wilayah dan Cabang juga harus menyadari tanda-tanda arus kebangkitan yang berasal dari daerah.  Segeralah mengakomodirnya dalam sebuah gerakan bersama yang simultan. Jangan bersikap elitis, karena basis akar jamaah NU adalah warga kampung yang setiap hari ber-NU sebagai bagian dari kehidupannya. 

Jika semua elemen NU menyadari tanda-tanda arus kebangkitan kemandirian ini lalu bergerak bersama-sama dengan akhlaqul karimah, tanda-tanda itu pasti akan menjadi kenyataan kemandirian. Semoga Allah SWT memudahkan kita semuanya bergerak mewujudkannya. Selamat hari lahir NU ke-92 M. {abc}       

Post a Comment

0 Comments