Subscribe Us

header ads

Membludak, Jamaah Shalat Gerhana Bulan di Masjid Ini


Shalat gerhana bulan di Masjid NU Baitul Muslimin dusun Peluk, Pacarpeluk pada Rabu, 31 Januari 2018 benar-benar sangat istimewa. Tidak seperti saat sebelum-sebelumnya. Biasanya jamaahnya hanya beberapa orang dari dusun Peluk utara. Pada saat ini shalat gerhana bulan diikuti jamaah dari dusun Pacar, dusun Bungkil (tetangga desa), dan dari Plandaan serta Jombang.    

Sejak adzan Isya’ jamaah berbondong-bondong datang ke masjid. Dzikir istighfar terus dikumandangkan hingga iqamat dilaksanakan. Shalat Isya’ diimami oleh Fatoni, imam shalat di masjid itu.

“Para jamaah, shalat gerhana itu terdiri dari dua kali bacaan al-Fatihah, dua kali bacaan surat pilihan, dua kali ruku’ dan dua kali i’tidal di tiap rakaat”, jelas Nine Adien Maulana kepada jamaah sebelum shalat gerhana bulan dilaksanakan.

Ketua Takmir Masjid NU Baitul Muslimin ini menjelaskan tata cara pelaksanaan shalat gerhana bulan sebelum shalat dilaksanakan. Ia juga bertindak sebagai imam dan khatib dalam shalat itu.

Rangkaian pelaksanaan shalat gerhana  bulan ini diakhir dengan kenduri bersama. Sebagian jamaah menikmati ambeng (nasi dan lauknya yang dikemas dalam talam). Sebagian yang lain menikmati bakso yang telah dipesan sebagai menu konsumsi dalam acara itu. Malam itu pun tampak sangat khas bagi jamaah di masjid itu. {abc}    

Jamaah khusyuk melaksanakan shalat gerhana bulan.

Post a Comment

0 Comments