Subscribe Us

header ads

Jelang Ramadlan, Warga Pacarpeluk Sambang Ahli Kubur Berjamaah

Kades Pacarpeluk, Bambang Suirman menyampaikan sambutan
kepada para peziarah kubur
Menjelang datangnya bulan suci Ramadlan, warga Pacarpeluk berbondong-bondong ke taman makam di dusun Peluk. Mereka mengikuti acara Ruwahan: Sambang Ahli Kubur Berjamaah yang diselenggarakan oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Pacarpeluk dan Pemerintah Desa Pacarpeluk. Melalui acara ini semua peziarah kubur dipandu oleh imam yang membacakan surah yasin dan kalimat tahyyibah tahlil.
"Melalui acara ini, kita bisa benar-benar berdoa dan berdzikir, tidak sekadar tabur bunga.", kata Bambang Suirman.
Kepala Desa Pacarpeluk ini menambahkan, "Mari kita ajak semua anggota keluarga, agar mereka mengetahui makam leluhurnya dan bisa mendoakannya."
Para warga sangat antusias mengikuti acara ini. Sebagian besar datang ke taman makam lebih awal daripada waktu yang dijadwalkan. 
"JIka acara semacam ini bisa diterima oleh masyarakat, insyaallah tahun depan akan kita selenggarakan di seluruh taman makam di desa Pacarpeluk.", kata Nine Adien Maulana.
Ketua PRNU Pacarpeluk ini menegaskan bahwa acara semacam ini sebenarnya adalah pengemasan tradisi yang telah ada. Kemasan ini tentu dilandasi oleh semangat dakwah, agar tradisi ini bisa benar-benar bernilai ibadah. {abc}

Post a Comment

0 Comments