Subscribe Us

header ads

Ruwahan : Sambang Ahli Qubur Berjamaah

Pintu masuk taman makam dusun Peluk, Pacarpeluk

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pacarpeluk akan menyelenggarakan acara ziarah qubur massal. Acara yang bertajuk Ruwahan: Sambang Ahli Qubur Berjamaah ini akan diselenggarakan pada Selasa, 15 Mei 2018 pukul 16.00. Tempatnya adalah taman makam dusun Peluk.
Acara ini merupakan pengemasan ulang tradisi ziarah kubur menjelang Ramadlan yang berlangsung di desa ini. Dalam praktiknya, tidak semua peziarah mampu membaca kalimat thayyibah dan berdoa. Mereka hanya menaburkan bunga. 
Memperhatikan fakta demikian, PRNU Pacarpeluk bermaksud mengajak semua warga yang memiliki ahli qubur di taman makam ini untuk bersama-sama berdzikir dan berdoa secara berjamaah dengan dipandu oleh imam. 
"Tiap warga akan mengelilingi kuburan leluhurnya masing-masing, lalu mengikuti bacaan surah Yasin dan Kalimat Thayyibah Tahlil yang dipimpin oleh petugas yang kami siapkan.", terang Nine Adien Maulana.
Ketua PRNU Pacarpeluk ini menambahkan, "Ini adalah acara perdana. Dusun Peluk menjadi uji cobanya. Jika hal ini bisa diterima oleh masyarakat, maka tahun depan akan diselenggarakan lagi di seluruh taman makan yang ada di Pacarpeluk."  

Post a Comment

0 Comments