Subscribe Us

header ads

Khidmat, Shalat Gerhana Bulan di Masjid NU Baitul Muslimin Peluk

Dokumentasi pelaksanaan shalat gerhana bulan total pada Rabu, 31 Januarai 2018

Jamaah masjid NU Baitul Muslimin dusun Peluk benar-benar antusias menyambut seruan shalat gerhana bulan pada Sabtu, 28 Juli 2018. Sebelum jam 03.00 dini hari mereka telah hadir di masjid itu. Sambil menunggu imam, mereka melakukan shalat-shalat sunnah. Ada juga yang berdzikir dengan bacaan istighfar.
Nine Adien Maulana akan bertindak sebagai imam shalat. Direncanakan, shalat gerhana bulan itu akan dilaksanakan pada pukul 03.30. Sambil menunggu jamaah lainnya, ketua takmir masjid ini mengajak jamaah yang telah hadir untuk melakukan shalat tahajjud berjamaah. 
Setelah dua kali salam pelaksanaan shalat tahajjud, waktu menunjukkan pukul 03.25. "Para jamaah, mari sekarang kita mengerjakan shalat gerhana bulan", ajak Nine kepada para jamaah. Pria yang juga menjadi ketua PRNU Pacarpeluk ini kemudian menjelaskan sekilas tata caranya sebelum memimpin pelaksanaan shalat.
Shalat gerhana bulan ini dirangkai dengan khutbah yang disampaikan imam. "Melalui peristiwa alam ini, mari kita samakin merasakan kebesaran dan kekuasaan Allah", seru sang khatib.
Pesan inti yang disampaikan dalam khutbah itu adalah ajakan meningkatkan takwa dengan menguatkan tauhid. Budaya yang berlangsung saat adanya gerhana harus dipilah dan dipilih secara bijaksana dengan pertimbangan syariat. Dengan cara itu harmoni akan hadir dalam masyarakat yang beragama dan berbudaya. 
Setelah khutbah, khatib mengajak jamaah untuk menutup shalat malam itu dengan shalat witir sebanyak tiga rakaat. Sambil menunggu waktu shubuh, jamaah melakukan kenduri dengan menikmati makanan dan minuman yang telah tersedia. {abc}  

Post a Comment

0 Comments