Subscribe Us

header ads

Tidak Semua Hal Yang Baru Adalah Bid’ah

Ust. Abul Abbas A didampingi Ketua PRNU Pacarpeluk dan Kades Pacarpeluk.

Acara Halal Bi Halal dan Kajian Islam yang diselenggarakan PR IPNU dan PR IPPNU Pacarpeluk menjadi sarana yang memahami masalah bid’ah secara lebih obyektif. Dalam acara yang diselenggarakan di Masjid Baitul Muslimin dusun Peluk Sabtu, 30 Juni 2018 itu para peserta yang mayoritas remaja itu mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar amaliyah atau budaya yang telah berlangsung di kalangan kaum Nahdliyyin.
“Kita sepakat bahwa bid’ah adalah kesesatan”, kata Abu Abbas Azizie yang mengawali paparannya. “Akan tetapi bagaimana pengertian dan batas-batas bid’ah yang sesat itu perlu kesepahaman dan kesepakatan agar kita tidak mudah saling membid'ahkan”, tegas salah satu pengurus Aswaja NU Center PCNU Jombang ini.
Apa yang tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW tidak bisa diserta-merta dihukumi sebagai bid'ah. Dengan tetap mengacu pada syariat, bisa jadi apa yang baru itu mengandung kebaikan dan sebaliknya bisa mengandung keburukan. Oleh karena itu, kita perlu cerdas dan bijaksana dalam menyikapi masalah ini. {abc}

Post a Comment

0 Comments