Subscribe Us

header ads

Kitab Kyai Jombang Ini diterbitkan di Mesir

 Ini adalah karya sekian yang ditulis oleh Gus Awis, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

Menulis kitab dengan menggunakan bahasa Arab di lingkungan pesantren hingga kini masih sangat langka. Tidak banyak ustadz atau kyai pesantren yang menguasainya. Yang banyak adalah menulis bahasa Indonesia atau bahasa daerah dengan menggunakan huruf Arab (tulisan pegon).
Meskipun secara umum langkah, namun salah seorang pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang mampu melakukannya. Dia adalah Dr. Muhammad Afifuddin, MA. Pengalaman belajar S1 hingga S3 di Timur Tengah mendorongnya sangat produktif menulis kitab-kitab berbahasa Arab.
Lebih istimewa lagi, diantara kitab-kitab tersebut ada yang telah diterbitkan oleh salah satu penerbit di Kairo, Mesir. Kitabnya yang berjudul ‘Ilmu at-Tafsir Ushuluhu wa Manahijuhu telah diterbitkan oleh penerbit Dar as-Shalih. Kantor penerbit in terletak di belakang Al-Azhar, Universitas Islam tertua dunia yang berada di negeri Piramida itu. Persisnya, penerbit itu berada di daerah menuju masjid Imam Dardir, Darrosah, Kairo-Mesir.
Kitab ulama muda asal Jombang yang sehari-hari mengajar di UIN Sunan Ampel Surabaya itu pun kini telah terpajang rapi diantara kitab-kitab karya para penulis dari Timur Tengah. Sebelum membaca isinya, siapa pun pasti tidak akan mengira bahwa kitab tersebut adalah karya kyai Jombang yang sehari-hari berkomunikasi dengan bahasa aslinya.    
Bagi kalangan pesantren yang berkultur Nahdlatul Ulama, hal ini tentu sangat membanggakan, karena tradisi literasi berbahasa Arab yang pernah dilakukan oleh Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ary dibangkitkan kembali oleh Gus Awis, demikian panggilan akrab penulis kitab itu. Sebagaimana telah diketahui, Rais Akbar Nahdlatul Ulama itu sangat produktif menulis kitab-kitab berbahasa Arab. Hingga kini karya-karya masih bisa dijumpai dan banyak dikaji oleh para santri dan siapa saja yang ingin mengenal pemikiran-pemikirannya.{abc}
Sekarang kitab ini telah terpajang di etalase toko kitab di Mesir.

Post a Comment

0 Comments