Subscribe Us

header ads

KSU KUBe NU Pacarpeluk Belajar Corporate Farming

Pemateri Pelatihan Dari Kiri : Ahmad Jani Masyhuri (Dinas Pertanian Jombang) dan
Bambang Suirman (Kades. Pacarpeluk)

Koperasi Serba Usaha (KSU) KUBe NU Pacarpeluk terus melakukan edukasi kepada para anggotanya. Pelatihan Pemanfaatan Koperasi dalam Penerapan Corporate Farming adalah salah satu bentuk usahanya.
Acara ini dilakukan pada Senin malam, 5 November 2018 di beranda masjid Baitul Muslimin dusun Peluk. Ahmad Jani Masyhuri bertindak sebagai pematerinya. Penyuluh Pertanian Lapangan Dinas Pertanian mengajak anggota koperasi ini yang mayoritas menjadi petani untuk secara berjamaah mengelola pertanian dalam satu manajemen. "KUBe atau Koperasi sangat tepat memainkan peran ini agar nilai produktivitas dan daya tawar petani menjadi lebih tinggi".
Sebagaimana yang telah berlangsung, pengelolaan pertanian dilakukan secara individual sejak pembenihan hingga penjualan. Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani belum bisa berperan secara maksimal. 
"Jika KSU KUBe NU Pacarpeluk bisa memainkan peran ini, saya yakin manfaatnya bisa lebih banyak dirasakan para petani secara langsung.", ucapnya. Pria yang juga menjadi pengurus Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jombang ini sangat mendukung langkah menggerakkan dan memberdayakan masyarakat Pacarpeluk melalui koperasi ini. 
Dalam sambutannya Bambang Suirman menegaskan bahwa koperasi ini jangan sampai hanya menjadi tempat mencari hutang-hutangan untuk kepentingan konsumtif. "Penyaluran pinjaman modal hanya untuk usaha produktif. Jangan untuk konsumtif!", tegas  Kades Pacarpeluk ini. 
Meskipun usia lembaga ekonomi ini masih sangat belia namun para pengurusnya siap belajar menggerakkannya secara profesional. "Kami akan terus belajar dan berjalan serta berjalan dan belajar dalam Corparate Farming ini.", tutur Nine Adien Maulana. Ketua KSU KUBe NU Pacarpeluk ini mengungkapkan bahwa sikap optimisnya dalam menggerakkan ekonomi masyarakat ini dilatarbelakangi oleh dukungan penuh Yayasan Astra Honda Motor (AHM).
Melalui KUBe NU Pacarpeluk, Yayasan AHM telah menyalurkan dana CSR untuk pemberdayaan masyarakat desa ini. Pemberdayaan ekonomi melalui usaha pertanian dan usaha ekonomi mikro menjadi bidang garapan yang sedang dijalankan di Pacarpeluk. {abc}   
      

Post a Comment

0 Comments