Subscribe Us

header ads

Dari Kandang Kambing Ini Akan Lahir Unit-Unit Usaha Ekonomi Lainnya

Sebelas bibit kambing pilihan telah didatangkan untuk digemukkan sebagai salah satu unit usaha KSU KUBe NU Pacarpeluk.

Sabtu, 1 Desember 2018 KSU KUBe NU Pacarpeluk telah mendatangkan sebelas bibit kambing gibas untuk dipelihara dan digemukkan. Ada sepuluh kambing jantan dan satu ekor betina yang sedang hamil dan diperkirakan seminggu lagi akan melahirkan.
Kambing-kambing itu didatangkan dari Baihaqi Ansor, peternak kambing kawakan dari Mojowarno. Ia telah belasan tahun menggeluti dunia ternak kambing. Pria yang juga guru olah raga di SMAN 2 Jombang ini memiliki ratusan kambing yang dipelihara dalam beberapa kandang di belakang rumahnya. Ia juga bersedia berbagai pengalaman dengan para peternak kambing Pacarpeluk yang dibina oleh koperasi ini. 
Unit usaha KSU KUBe NU Pacarpeluk ini dilakukan dengan model kemitraan warga. Ahmad Nur Hidayat adalah mitra koperasi yang dipercaya memelihara kambing-kambing ini. "Mas, ternyata kandang kita masih sangat luas untuk menampung kambing-kambing itu", serunya kepada Nine Adien Maulana, ketua PRNU Pacarpeluk.
"Gak papa Mat. Insyallah nanti kandang ini akan penuh dengan kambing-kambing kita", jawab Nine dengan penuh semangat. 
Pria berkacama ini menegaskan bahwa unit usaha ternak ini diharapkan akan melahirkan unit-unit usaha ekonomi produktif lainnya. "Kita tidak boleh tergantung pada blantik dalam pemasaran. Kita bisa memasarkannya sendiri melalui layanan aqidah dan qurban.", terangnya. Dengan layanan itu ia berharap suatu saat pasti akan ada unit usaha kuliner sate dan gulai kambing serta paket nasi kotaknya. 
Untuk menopang kebutuhan pakan ternak itu, Koperasi ini juga sedang menyiapkan tanam rumput gajah dan odot di lahan yang disewanya. "Insyaallah pekan depan kita akan mulai menggarap lahan dan menanaminya mas", kata Ahmad. Pria yang juga menjadi kordinator kelompok peternak kambing Pacarpeluk ini memang sangat antusias bermitra dengan KSU KUBe NU Pacarpeluk. Melalui koperasi ini ia bisa mengeksplorasi segala pengalaman dan kreativitasnya dalam berternak kambing. {abc} 

Post a Comment

0 Comments