Subscribe Us

header ads

Di Sini Tercetus Ide Membentuk Jaringan Ranting NU Bergerak

Dengan suasana santai para penggerak NU Pacarpeluk dan Harjobinangun saling bertukar pengalaman dan informasi.

Para pengerak Nahdlatul Ulama Harjobinangun, Pakem, Sleman akhirnya benar-benar datang ke Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pacarpeluk (Ahad, 3 Februari 2019). Melalui jalan tol, perjalanan dari Yogyakarta ke Jombang ternyata hanya ditempuh selama sekitar 3.5 jam. Sekitar pukul 06.00, Samsul Maarif Mujiharto mengabarkan bahwa ia dan rombongannya telah sampai di Solo. Ternyata sekitar pukul 08.30 pagi ketua PRNU Harjobinangun dan rombongannya ini telah sampai di rumah pergerakan NU Pacarpeluk.
Sesuai dengan rencana, dosen fakultas Filsafat UGM Yogyakarta ini bersama para pengurus NU yang diajaknya banyak menggali informasi dan pengalaman pergerakan NU Pacarpeluk. Pengelolaan ZIS, pengalaman menggerakkan organisasi NU dan rintisan kemandirian ekonomi menjadi tema utama diskusi antar penggerak NU itu.  
"Tolong kami ditunjukkan kandang dombanya, katanya NU Pacarpeluk juga punya usaha penggemukan domba.", ucap salah seorang anggota rombongan itu. Nine Adien Maulana, ketua PRNU Pacarpeluk, itu pun segera mengantar rombongan ke kandang domba.
Di kandang yang dikelola oleh Ahmad Nur Hidayat, para rombongan bisa melihat langsung domba-domba yang telah siap dijual itu. "Sebenarnya domba-domba ini telah siap untuk dijual.", jelas ketua PRNU Pacarpeluk itu.
Puas melihat-lihat domba-domba peliharaan KUBe NU Pacarpeluk, rombongan pun diajak kembali ke sekretariat PRNU Pacarpeluk.
"Kayaknya menarik jika kita membentuk jaringan ranting NU yang bergerak antar daerah", usul pemilik sekolah internasional Afkaaruna itu. Dia menjelaskan bahwa ranting-ranting NU yang telah bergerak secara kreatif itu perlu saling berhubungan untuk bekerja sama. Dengan cara ini, mereka bisa saling mengadopsi dan mengadaptasi program-program best practice masing-masing ranting NU itu.
Nine Adien Maulana juga menambahkan bahwa itu adalah ide yang sangat bagus. Jaringan Ranting NU Bergerak ini harus murni berangkat dari khidmat masing-masing penggerak NU di berbagai daerah. Jika hal ini bisa dilakukan maka kemaslahatan nyata bisa dihadirkan melalui keorganisasian NU. Masyarakat akhirnya bisa merasakan manfaat nyata berorganisasi dalam bingkai NU baik dari segi praktis amaliyah maupan khidmah harakah. {abc}
  
Para penggerak NU Harjobinangun melihat langsung kandang penggemukan domba, hasil kerjasama KUBe NU Pacarpeluk dengan Yayasan Astra Honda Motor.


Post a Comment

0 Comments