Subscribe Us

header ads

Semarak Bacaan Al-Quran Tiap Jumat Legi Di Sini

Majelis Khotmil Quran diselenggarakan tiap Jumat Legi di masjid NU Baitul Muslimin.
Majelis Khotmil Quran kembali digelar oleh jamaah masjid NU Baitul Muslimin dusun Peluk. Kegiatan ini memang diselenggarakan tiap Jumat Legi, dimulai sejak Rabu malam hingga berakhir Jumat sebelum pelaksanaan shalat Jumat. 
Waktu pelaksanaan yang relatif panjang ini bertujuan mengakomodir kesempatan jamaah berpartisipasi  tanpa harus meninggalkan kewajiban kerja sehari-hari. 
Semarak kegiatan ini sangat tampak pada Kamis pagi, 21 Maret 2019, setelah shalat Shubuh berjamaah. Sairi melanjutkan pembacaan ayat-ayat al-Quran mulai juz 4. Pria yang menjadi pembaca shalawat tarhim tiap menjelang Shubuh di masjid ini kemudian ditemani oleh Imam Supii. Keduanya dengan tenang membaca ayat-ayar suci al-Quran sepanjang pagi itu. 
Bacaan al-Quran yang terdengar melalui pengeras suara di masjid itu menghadirkan suasana khas Jumat Legi di dusun Peluk. Tanpa dikomando satu per satu warga datang ke masjid dengan membaca makanan dan minuman. Secara bergantian jamaah pria dan wanita berpartisipasi dalam Majelis Khotmil Quran ini.
Inilah potret kearifan lokal masyarakat dalam mencintai al-Quran sesuai dengan kemampuan mereka. {abc}


Tradisi khataman al-Quran adalah ekspresi kearifan lokal cinta kitab suci. 

Post a Comment

0 Comments