Subscribe Us

header ads

Meningkatkan Produktivitas Lahan Depan Rumah Pergerakan NU Pacarpeluk

Pemanfaatan lahan depan Rumah Pergerakan NU Pacarpeluk untuk usaha produktif.

Pemanfaatan lahan di depan sekretariat PRNU Pacarpeluk menjadi salah satu upaya merintis kemandirian jamaah dan jam’iyyah. Setelah dioalah, lahan tersebut kini dijadikan sentra budidaya pisang. 
Pisang raja dan pisang kepok / sobo adalah jenis pisang yang telah ditanam di lahan ini. Pisang raja dipilih karena pertimbangan harga jualnya yang relatif lebih tinggi, sedangkan pisang kepok / sobo dipilih karena diperuntukkan sebagai pasokan produk olahan pisang, Khinza Banana Chips.
Jarak lahan antara pisang yang satu dengan yang lain ditanami rumput gajah yang didatangkan dari Malang. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan produktivitas lahan. Diharapkan dalam kurun waktu 2-3 bulan sekali, rumput gajah itu bisa dipanen sebagai pakan domba yang dipeliharan oleh KSU KUBe NUP Pacarpeluk. 
Bagian tepi lahan ini sebelah depan juga ditenami kacang panjang. Benih kacang panjang ini diperoleh dari rekanan yang tertarik bisa bekerja sama di bidang pertanian dengan KSU KUBe NUP Pacarpeluk. Praktis, lahan ini penuh dengan tanaman-tanaman produktif baik yang berusia panjang maupun pendek. Dengan demikian, setiap saat hasilnya bisa langsung dinikmati dan dimanfaatkan baik untuk sayuran maupun untuk pakan ternak. {abc}  

Bagian belakang lahan ditanami Pohon Pisang Raja dan Kepok serta rumput gajah 

Bagian tepi lahan juga ditanami tanaman sayur kacang panjang 


Post a Comment

0 Comments