Subscribe Us

header ads

Lestarikan Sambang Ahli Kubur Berjamaah di Pacarpeluk!

Pembacaan doa setelah dzikir kalimat thayyibah Yasin dan Tahlil dalam rangkaian acara Ruwahan: Sambang Ahli Kubur Berjamaah yang diselenggarakan oleh PRNU Pacarpeluk.

Ahad sore, 5 Mei 2019 pemakaman dusun Peluk tampak ramai dengan peziarah kubur. Ada yang datang sendirian, namun banyak pula yang datang bersama anggota keluarganya. Mereka duduk di sekitar tanah makam ahli kubur masing-masing sambil membaca dzikir dan doa secara berjamaah dan terpimpin.
Sore itu PRNU Pacarpeluk menyelenggarakan acara Ruwahan: Sambang Ahli Kubur Berjamaah di area pemakaman dusun Peluk. “Ini adalah program rutin kami yang sudah bejalan dua kali ini”, jelas Nine Adien Maulana, ketua PRNU Pacarpeluk.
Acara ini adalah kemasan ulang atas tradisi ziarah kubur tiap menjelang datang bulan Ramadlan. Dengan kemasan acara ini, semua peziarah bisa bersama-sama mendoakan ahli kubur masing-masing; tidak sekadar datang dan tabur bunga saja.
Bambang Suirman yang hadir dalam acara itu didaulat memberikan sambutan kepada warganya yang berziarah kubur. “Ini adalah acara yang baik. Siapapun kelak yang menjadi kadesnya, mari kita lestarikan kegiatan ini”, pesan Kepala Desa Pacarpeluk ini.
Karena ahli kuburnya tidak dimakamkan di pemakaman ini, setelah memberikan sambutan Bambang Suirman meninggalkan tempat untuk berziarah ke makam keluarganya di dusun Pacar. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surah Yasin oleh Muhammad To’ib dan dzikir tahli serta doanya oleh Fatoni. {abc} 

Bersama anggota keluarga, warga berkumpul mengelilingi area tempat makam keluarganya masing-masing.


Post a Comment

0 Comments