Subscribe Us

header ads

Megengan di Masjid NU Baitul Muslimin Dusun Peluk

Inti acara Megengan adalah pembekalan jasmani dan rohani agar siap menjalankan ibadah puasa bermakna inti imsak, menahan atau megeng (Jawa). 

Acara Ruwahan yang diekspresikan dalam bentuk ziarah kubur berjamaah dengan adab syar’i oleh warga Nahdliyyin Pacarpeluk dilanjutkan dengan acara Megengan. Jika acara Ruwahan diselenggarakan di kuburan, maka acara Megengan dilakukan di Masjid atau Musholla.
Kekhasan acara Megengan ada pada kue apem yang disuguhkan sebagai hidangan yang nikmati bersama-sama dalam acara ini. Meskipun tetap ada hidangan berupa makanan nasi dan lauk pauk khas (ambeng) yang disediakan oleh jamaah, namun kue apem seolah tidak bisa ditinggalkan dalam acara ini.
Di Masjid NU Baitul Muslimin dusun Peluk, acara Megengan diselenggarakan pada Ahad bakda Maghrib, 5 Mei 2019. Sambil menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah tentang kapan kepastian mengawali puasa Ramadlan 1440 H, jamaah diberi materi pembekalan menjalankan ibadah puasa dan ibadah lain selama Ramadhan.
Setelah materi pembekalan usai, jamaah diajak bersama-sama berdoa agar dimudahkan menjalankan ibadah baik wajib maupun sunnah selama bulan Ramadhan. Acara paling akhir adalah kenduri dengan menikmati makanan khas yang telah disediakan oleh jamaah. {abc}
  
Jamaah putri juga menikmati kenduri hidangan Megengan baik yang berupa ambeng maupun kue apem.

Post a Comment

0 Comments