Subscribe Us

header ads

Kenduri Kupatan Akan Diselenggarakan Pada Rabu, 12 Juni 2019

Tradisi Kenduri Kupatan diselenggarakan oleh Nahdliyyin Pacarpeluk sepekan setelah Idul Fitri 1 Syawwal. Biasanya kenduri dilaksanakan pada hari kedelapan Syawwal setelah pelaksanaan shalat Shubuh di masjid atau mushollah.


Untuk menyempurnakan ibadah Ramadhan dan Syawwal secara kultural, Nahdliyyin Pacarpeluk akan menyelenggarakan tradisi kenduri kupatan yang dipusatkan di masjid atau musholla. Pada tahun ini kenduri kupatan akan diselenggarakan pada Rabu, 12 Juni 2019 yang bertepatan tanggal 8 Syawwal 1440 H.
Jamaah masjid Baitul Muslimin dusun Peluk akan menyelenggarakannya pada tanggal itu tepatnya setelah pelaksanaan shalat Shubuh berjamaah. Seperti biasanya, mereka datang ke masjid ini dengan membawa talam atau ember yang berisi kupat, lontong, lepet dan lemet beserta sayurnya. 
Setelah berdzikir dan berdoa yang dipimpin oleh pemuka agama, jamaah kemudian makan bersama hidangan yang telah dibawa itu. Sisanya dibagi antar jamaah untuk dibawa pulang sebagai berkat. 
Tradisi kenduri kupatan hingga kini tetap lestari. Ini diyakini sebagai bagian dari kearifan lokal muslim di Jawa ini, sehingga dipertahankan eksistensinya secara turun temurun. {abc}  


Post a Comment

0 Comments