Subscribe Us

header ads

Klinik Pratama Madinah: Mitra Layanan Kesehatan Jamaah NU Pacarpeluk

Klinik Pratama Madinah yang terletak di dusun Peluk, Pacarpeluk, Megaluh, Jombang ini telah menjalin kemitraan (MOU) dengan PRNU Pacarpeluk untuk memberikan layanan kesehatan bagi jamaah pemilik Kartu Pacarpeluk Sehat (KPS). 


Bersamaan dengan peluncuran Kartu Pacarpeluk Sehat (KPS) pada 17 Agustus 2017, Klinik Pratama Madinah telah meneken nota kesepahaman kerjasama dengan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pacarpeluk untuk memberikan layanan kesehatan  rawat jalan tingkat pertama kepada para pemilik kartu tersebut. Layanan perawatan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk penyaluran hasil pengelolaan koin infaq sedekah. 
Pemilik Klinik ini adalah pasangan suami isteri H. Nurudin Achmad, S.Kep. Nr dan Hj. Eny Winarsih, S.Keb. Keduanya adalah PNS di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Sang suami adalah perawat senior di RSU Ploso, sedangkan sang isteri adalah bidan di Puskesmas Tembelang. Keduanya adalah warga dusun Peluk, desa Pacarpeluk. 
Usaha jasa layanan kesehatan ini sebenarnya telah dirintis oleh mas Hudin, panggilan akrabnya, sejak lulus dari Sekolah Perawat Kesehatan. Waktu itu ia membuka tempat praktik di tempat tinggalnya yang lama yakni di belakang masjid Baitul Muslimin yang melayani pasien rawat jalan dan operasi kecil, khitan. Setelah menikah dengan isteri yang berprofesi sebagai bidan, usahanya itu kemudian dikembangkan lebih luas. 
Mereka membangun rumah di tepi jalan prokol desa Pacarpeluk, sekaligus dijadikan sebagai tempat praktik yang lebih representatif keduanya. Suami berpraktik keperawatan, sedangkan isteri berpraktik kebidanan di luar jam tugas resminya sebagai PNS.
Usaha mereka berdua terus mengalami kemajuan. Tidak hanya melayani rawat jalan, kini usaha mereka juga melayani rawat inap dengan status badan usaha sebagai Balai Pengobatan Klinik Pratama yang memiki segala perangkat pendukung yang disyaratkan. 
Kerjasama antara PRNU Pacarpeluk dengan Klinik Pratama ini ibarat simbiosis mutualisme diantara keduanya. PRNU Pacarpeluk bisa menyalurkan dana infaq sedekah kembali kepada warga secara tepat sasaran. Jamaah pemilik kartu mendapat layanan kesehatan. Klinik ini juga mendapatkan keuntungan dari bertambahnya kunjungan pasien. Warga yang berjualan di sekitarnya pun secara langsung bisa merasakan keuntungan dari bertambahnya pembeli. {abc} 


Post a Comment

0 Comments