Subscribe Us

header ads

Menangguk Untung Dari Barbershop

KSU KUBe NUP bermitra dengan Ken Barbershop untuk melatih yang menyiapkan kader-kader NUP menjadi Profesional Barberman yang akan segera menjalankan NUP Barbershop.

Semangat kewirausahaan sosial (sociopreneurship) terus digelorakan oleh PRNU Pacarpeluk. KSU KUBe NUP Pacarpeluk menjadi kendaraaan resmi dalam mengupayakan kemandirian jamaah dan jam’iyyah untuk mencapai kesejahteraan bersama. Unit-unit usaha potensial telah didirikan dan digerakkan. Peternakan melalui Kampung Domba, Persewaan Scaffolding, Kemitraan Pertanian dan Perdagangan adalah unit-unit usaha yang telah dijalankannya.

Didorong keinginan kuat untuk semakin memberdayakan anak-anak NU yang potensial KSU KUBe NUP Pacarpeluk sedang menimbang peruntungan dalam mengelola unit usaha jasa pangkas rambut (barbershop). Sebagaimana diketahui, anak-anak NU Pacarpeluk sering memangkas rambutnya kepada sesama teman sebayanya. Ini menjadi media keakraban pergaulan mereka yang tidak didasarkan pada keuntungan materi. Biasanya traktiran ngopi bersama menjadi jasa keakrabannya.

Di lain sisi, sejak lama PRNU Pacarpeluk mengamati mayoritas tempat-tempat yang menyediakan jasa pangkas rambut selalu ramai pengunjung. Mereka rela antri lama untuk menunggu giliran, meskipun tempatnya kurang nyaman. Jika potensi dan peluang yang ada ini difasillitasi tentu akan membuahkan karya produktif yang bisa langsung dirasakan manfaatnya.       

Atas dasar itulah, KSU KUBe NUP Pacarpeluk bermaksud memfasilitasinya. Jasa pangkas rambut dengan konsep Barbershop pun dipilihnya. Hal ini untuk mengakomodir anak-anak muda yang sekarang lebih nyaman memangkas dan merapikan penampilan rambutnya di Barbershop, meskipun harus membayar dua kali lipat daripada di tempat pangkas rambut tradisional.

Fasilitasi yang sedang dilakukan adalah dengan mengader anak-anak muda NU yang sudah biasa ‘memainkan’ gunting dan sisir itu untuk dilatih menjadi barberman. Melalui jaringan informasi sesama Nahdliyyin beberapa Barbershop telah direferensikan untuk dijadikan mitra. Komunikasi pun dilakukan. Hasilnya adalah mereka siap melatih kader-kader muda NU Pacarpeluk yang terpilih untuk dilatih menjadi Barberman profesional.

Satu langkah telah dilakukan dan membuka jalan terang. Sambil menyiapkan kader-kader pilihannya, KSU KUBe NUP Pacarpeluk kini sedang mencari dan menyiapkan tempat dan perlengkapannya. Lokasi di dalam atau sekitar desa Pacarpeluk tetap menjadi pilihan utama. Mengapa tidak di kota atau pusat keramaian yang dipilih? Lagi-lagi jawabnya adalah karena didorong oleh semangat sociopreneurship itu. Ini bukan semata-mata urusan bisnis. Semangat mengangkat nama baik desa Pacarpeluk dan cita-cita mulia untuk saling menghidupi jamaah dan jam’iyyah juga sangat dipertimbangkan dalam usaha ini.

Direncanakan, Barbershop ini juga menjadi outlet untuk mendisplay produk-produk kemitraan KSU KUBe NUP Pacarpeluk, diantaranya adalah Rumah Kaos NUP dan Khinza Banana Chips yang selama ini lebih banyak dipasarkan melalui jalur online. Dengan dilengkapi fasilitas jaringan internet, tempat ini diharapkan bisa menjadi tempat mangkal yang nyaman bagi anak-anak muda NU suka ngopi sambil mengupdate postingan artikel di www.nupacarpeluk.com.     

Jika semua telah siap, maka unit usaha jasa pangkas NUP Barbershop bisa segera dilaunching dan dipublikasikan secara luas. Potensi anak-anak muda NU Pacarpeluk pun tersalurkan secara produktif. Mereka bisa berwirausaha tanpa harus pergi ke kota atau pusat-pusat keramaian. Selain itu, mereka juga tetap bisa menggelorakan syiar jam’iyyah di desa. Inilah potret saling menghidupi antara jamaah dan jam’iyyah itu.

Langkah masih panjang. Jaringan kemitraan terus digalang dengan semangat shilaturrahmi. Kalkulasi peruntungan pun terus dilakukan, agar unit usaha ini benar-benar bisa berjalan ideal. Tidak mustahil unit usaha ini akan menjadi workshop kerja nyata anak-anak muda NU Pacarpeluk khususnya dari kelompok lemah dan ingin langsung kerja setelah lulus jenjang pendidikan menengah.
Ini bukan wacana belaka atau angan-angan kosong. Dengan bismillah kami melangkah. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan segala usaha dan membimbing ke jalan yang lurus. Ihdinash shiraathal mustaqiim. {abc}

Post a Comment

0 Comments