Subscribe Us

header ads

Ikuti Shalat Gerhana Bulan 17-07-2019 di Masjid Baitul Muslimin dusun Peluk!

PRNU Pacarpeluk akan menyelenggarakan shalat Gerhana Bulan (Khusyuf) pada Rabu, 17 Juli 2019 pukul 04.00 (pagi) di masjid Baitul Muslimin dusun Peluk desa Pacarpeluk.

Menindaklanjuti himbauan Kementerian Agama Dirjen Bimbingan Masyarakaat Islam tentang penyelenggaraan shalat Gerhana Bulan dengan ini PRNU Pacarpeluk bekerjasama dengan Pengurus Takmir Masjid Baitul Muslimin dusun Peluk akan menyelenggarakan shalat Gerhana Bulan (khusyuf) pada Rabu, 17 Juli 2019 pukul 04.00 di masjid Baitul Muslimin.
PRNU Pacarpeluk mengajak seluruh kaum muslimin, khususnya warga Nahdliyyin Pacarpeluk untuk mengikuti pelaksaan ibadah tersebut. Direncanakan, kegiatan itu akan diawali dengan pelaksanaan qiyamul layl. Oleh karena itu, jamaah diharapkan bisa datang lebih awal sebelum pukul 04.00. 
Untuk menyempurnakan ibadah tersebut, PRNU Pacarpeluk menghimbau jamaah sebelum pelaksanaan shalat khusuf untuk memperbanyak dzikir, istighfar, sedekah dan amal shalih lainnya. Adapun tata cara shalat khusyuf sebagai berikut:
1. Berniat dalam hati. Jika dilafadzkan, redaksi bacaan niatnya adalah, "ushalli sunnatal khusufi rak'ataini imaaman/makmuuman lillaahi ta'aalaa.
2. Takbiratul Ihram, seperti shalat pada umumnya
3. Membaca doa iftitah dan bertaawudz, kemudian membaca surat al-Fatihah dilanjutkan membaca ayat/surat pilihan dengan jahr (dikeraskan), bagi imam.
4. Ruku' sambil memanjangkannya
5. Bangkit dari ruku' (i'tidal)
6. Setelah i'tidal tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat al-Fatihah dan ayat/surat pilihan. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama.
7.  Ruku' kembali (kedua) yang lamanya lebih pendek daripada ruku' sebelumnya
8.  Bangkit dari ruku' (i'tidal)
9.  Sujud yang lamanya sebagaimana ruku', lalu duduk diantara dua sujud, kemudian sujud kembali
10. Kemudian bangkit kembali dari sujud lalu mengerjakan raka'at kedua sebagaimana rakaat pertama, hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya.
11. Salam
12. Khutbah

Demikian tata cara shalat gerhana bulan. Mari datang ke masjid Baitul Muslimin dusun Peluk untuk menghidupkan sunnah Rasulullah SAW saat menghadapi fenomena alam ini. {abc} 


  

Post a Comment

0 Comments