Subscribe Us

header ads

KSU KUBe NUP Pacarpeluk Segera Tanam Semangka Di Sini

Setelah masa panen padi akhir Juli 2019, KSU KUBe NUP Pacarpeluk segera memulai tanam semangka di lahan pertanian seluas 5600 meter persegi (banon 400) dusun Peluk, Pacarpeluk. Unit usaha ini didukung penuh oleh Yayasan Astra Honda Motor melalui program Desa Sejahtera.

Setelah mendapat mitra yang bersedia mengomandani budidaya tanaman semangka, KSU KUBe NUP Pacarpeluk kini menyiapkan segala kebutuhannya. Fatoni telah menyatakan kesediaannya bermitra. Ia termasuk salah satu anggota koperasi yang telah berpengalaman dalam mengelola budidaya semangka. Tiap tahun ia bercocok tanam semangka.
Sebagai uji coba, Fatoni menyanggupi mengelola tanaman semangka dalam lahan seluas 5600 meter persegi (banon 400), meskipun sebenarnya lahan yang tersedia adalah banon 700. Koperasi akan membiayai seluruh kebutuhan operasional budidaya semangka, sedangkan ia bersama keluarganya yang akan mengelolanya. 
Kemitraan ini dijalankan dengan prinsip bagi hasil. Setelah dipotong dengan seluruh biaya operasional yang dikeluarkan, hasil bersihnya kelak dibagi dengan kesepakatan prosentase 50%-50%. Ini adalah bagian ikhtiyar PRNU Pacarpeluk untuk saling menghidupi jamaah dan jam'iyyah melalui koperasi yang didirikannya. {abc}

Fatoni tersenyum penuh syukur saat tanaman semangkanya semakin besar dan harga jualnya bagus. Foto diambil saat musim tanam semangka tahun 2018. 

Baca juga!
Songsong Pertanian Semangka, Nahdliyyin Pacarpeluk Buat Semaian Di Rumah

Post a Comment

0 Comments