Subscribe Us

header ads

Telah Terbit, Kitab Ke-10 Gus Awis

Ini adalah kitab ke-10 Gus Awis yang telah diterbitkan oleh penerbit dalam negeri. Direncanakan pada Setember 2019 kitab ini juga akan diterbitkan oleh salah satu penerbit Cairo Mesir.

Gaya kalem dan tanpa banyak bicara Dr. KH. Afifuddin Dimyathy. Lc. MA ternyata tidak menjadikannya kalem dalam berkarya tulis Arab. Di selah-selah waktu menerima setoran tahfidh para santri Hidayatul Quran Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang, Gus Awis, demikian panggilan akrabnya, terus berkarya mengembangkan tradisi literasi pesantren. Di akhir Agustus 2019 ini, kitabnya yang ke-10 telah diterbitkan oleh Lisan Arabi, salah satu penerbit buku yang berbahasa Arab yang ada di Indonesia.    
Gus Awis memberinya judul Jam'ul 'Abiir Fii Kutubit Tafsir. Saat dihubungi oleh NU Pacarpeluk, dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ini menjelaskan secara global isi kitabnya itu.
"Kitab ini menghimpun lebih dari 450 kitab tafsir sepanjang sejarah Islam, mulai mufassir zaman sahabat sampai mufassir abad 15 hijriah.", jelasnya melalui sambungan telefon.
Kajian intelektual obyektif penulis kitab ini sangat tampak dari beragamnya kitab tafsir yang dijadikan referensi. Gus Awis memaparkan, "Kitab ini juga mengandung kajian kitab-kitab tafsir berbagai aliran, ahlus sunnah, syiah, mu'tazilah, khowarij, bahkan sufi dan bathiniyah."
Tidak hanya itu kitab ini juga menampilkan berbagai kitab tafsir dari berbagai bahasa di dunia, Arab, Inggris, Prancis, Urdu, Parsi, Melayu, Indonesia, Jawa, Sunda, dan lain-lain. Dengan demikian kitab ini sangat kaya referensi, sehingga wajar jika edisi cetaknya cukup tebal yakni 768 halaman. Agar memudahkan untuk dibawa, kitab ini pun dicetak menjadi dua jilid.  
Kini kitab ini dapat langsung diperoleh di Penerbit Lisan Arabi. Bagi anda yang berada di sekitar wilayah Jombang, bisa langsung berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan untuk mendapatkan kitab terbaru karya salah satu pengasuh pesantren ini. {abc} 

Baca juga!
Kitab Kyai Jombang Ini diterbitkan di Mesir

Post a Comment

0 Comments