Subscribe Us

header ads

Baru Hari Ini, Hewan Qurban Nahdliyyin Pacar Disembelih

Nahdliyyin dusun Pacar yang menjadi jamaah Masjid Darus Salam bergotong royong menyembelih dan mengelola hewan qurban.

Lantunan takbir, tahlil dan tahmid terus dikumandangkan oleh jamaah masjid Darus Salam dusun Pacar mengiringi prosesi penyembelihan hewan qurban. Berbeda dengan Nahdliyyin dusun Peluk, Soko dan Tegalrejo yang mayoritas menyembelih hewan quran saat hari Idul Adha 1440 H, Nahdliyyin jamaah masjid Darussalam baru menyembelih hewan qurban pada Senin, 12 Agustus 2019. Ada 1 ekor lembu dan 2 ekor domba yang disembelih di lingkungan halaman masjid Darussalam itu. 
Kegiatan ini dimotori oleh ketua PR Muslimat NU Pacarpeluk, Hj. Etty Sumarni, bekerjasama dengan pengurus Takmir Masjid Darussalam dusun Pacar. Jamaah masjid ini yang terdiri dari kelompok remaja dan dewasa secara gotong royong mengelola hewan qurban itu. 
Kegiatan ini semakin menguatkan semarak Idul Adha di desa Pacarpeluk. Sejak tanggal 8 Dzulhijjah dan selama hari-hari tasyriq syiar Idul Adha di desa ini tampak khas. Pembagian dagin qurban pun secara bergelombang dilakukan pada hari-hari itu.
Di saat yang sama, Kepala Desa Pacarpeluk, Bambang Suirman juga menyelenggarakan penyembelihan dan pengelolaan hewan quran di lingkungan rumahnya. Ada tiga ekor domba yang disembelih dan dibagikan olehnya. Salah satunya dibelinya dari Kampung Domba NUP.  
Inilah kekhasan Pacarpeluk. Meskipun warga desa ini majemuk, namun semuanya kompak menyemarakkan suasana Idul Adha sesuai dengan pilihan fiqih masing-masing. Hal ini menghadirkan suasana harmoni masyarakat, karena semuanya saling menghormati. Inilah potret Kampung Nahdliyyin yang selalu menarik perhatian masyarakat luar. {abc} 

Post a Comment

0 Comments