Subscribe Us

header ads

Baru Hari Ini, HUT RI Ke-74 Yang Tepat

Baru pada 18 Agustus 2018 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menegaskan keberadaan Republik dalam Bab 1 Pasal 1 UUD 1945 yang baru disahkan saat itu.
Hari ini Ahad, 18 Agustus 2019 baru tepat disebut sebagai Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74. Dasarnya adalah hasil sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang diselenggarakan pada 18 Agustus 1945.
Ada tiga keputusan penting yang dihasilkan dari sidang PPKI saat itu, yaitu:   
1. Meresmikan dan mengesahkan Undang Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai Dasar Negara Bangsa Indonesia.
2. Menetapkan ketua PPKI Ir. Soekarno dan wakil PPKI Drs. Moh. Hatta sebagai Presiden dan wakil presiden Negara Indonesia.
3. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

Dalam bab 1 pasal 1 UUD 1945 itu ditegaskan bahwa Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik. Karena UUD 1945 baru disahkan pada 18 Agustus 1945, maka atas dasar itulah Republik sebagai bentuk pemerintahan yang dikepalai oleh Presiden, baru lahir.  
Dengan alur berfikir seperti itu maka Sabtu, 17 Agustus 2019 kemarin memang tidak tepat disebut HUT RI ke-74. Penyebutan yang tepat adalah HUT Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Dasarnya adalah naskah teks Proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarno.
Tulisan ini tidak dimaksudkan sebagai pelurusan sejarah, namun sekadar berbagai informasi bahwa istilah Republik dan Bangsa memang berbeda makna. Sayangnya banyak orang tidak menyadarinya, karena latah dalam penggunaannya, sehingga mengakibatkan salah kaprah, khususnya dalam momentum Agustusan tiap tahun. {abc} 

Baca juga!

Bangsa Indonesia ≠ Republik Indonesia


Post a Comment

0 Comments