Subscribe Us

header ads

Buku Serba Jombang Jadi Koleksi Perpusda Jombang

Serpihan Hikmah dai Sudut Sekolah telah terekam resmi dalam Sistem Informasi Koleksi Perpustakaan Daerah Kabupaten Jombang.


Serpihan Hikmah dari Sudut Sekolah benar-benar merupakan buku yang serba Jombang.  Buku ini diterbikan oleh Bawana Kayana, penerbit resmi Jombang. Penerbit ini berbadan hukum CV Bawana Kayana yang didirikan oleh kader penggerak NU Pacarpeluk untuk kemandirian jamaah dan jam'iyyah. 
Penulis buku ini adalah Nine Adien Maulana, putra asli Jombang. Ia tinggal di dusun Peluk, desa Pacarpeluk, Megaluh, Jombang. Ia adalah guru Pendidikan Agama Islam sekolah terfavorit di kota Jombang, yakni SMA Negeri 2 Jombang. Ia juga aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat Jombang, sebagai ketua Pengurus Ranting NU Pacarpeluk.
Meskipun buku ini dikemas dengan gaya tulisan ringan yang populer, namun keberadaan Prof. Dr. KH. Imam Taufiq, M.Ag. yang memberi kata pengantar ahli mengangkat citra buku ini tampak lebih ilmiah. Guru Besar yang baru saja dilantik sebagai Rektor UIN Walisongo Semarang ini juga putra asli Jombang.
Prof Imam, demikian panggilan akrabnya, yang berasal dari dusun Gempol Pahit, desa Banjardowo, Jombang sangat senang memberi pengantar dalam buku ini. Selain karena sama-sama berasal dari Jombang, ia dan penulis buku ini juga sama-sama kader penggerak Nahdlatul Ulama. Prof. Imam adalah wakil katib PWNU Jawa Tengah, sedangkan penulis buku ini adalah penggerak NU Pacarpeluk.
Selain Prof Imam, buku ini juga makin terangkat citra ilmiahnya dengan mendapat kalimat sekapur sirih dari Dr. KH. Muhammad Afifuddin, Lc. MA, salah satu pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang. Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ini juga penulis produktif, kitab-kitab berbahasa Arab, yang asli putra Jombang.
Ada dua tokoh lagi yang sebenarnya berasal dari luar Jombang, namun memiliki kedekatan emosional dengan Jombang, khususnya dengan NU Pacarpeluk. Tokoh pertama adalah Ahmad Muhibbuddin. Ia adalah General Manager Astra Honda Motor yang telah memberi apresiasai kepada NU Pacarpeluk yang dinilai mampu menggerakkan dan memberdayakan masyarakat desa.
Bentuk apresiasinya berupa dana CSR perusahaannya untuk mewujudkan desa sejahtera. Dengan adanya penyaluran dana CSR itu, pria asli Bangil itu pun sering berkunjung Jombang, khususnya ke NU Pacarpeluk. Dengan senang hati, alumnus IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menjadi petinggi Astra Honda Motor ini menyempatkan menulis kalimat testimoninya terhadap karya tulis Pak Guru Nine.
Tokoh kedua adalah Muhammad Afifuddin. Ia adalah salah satu anggota Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia. Kiprah NU Pacarpeluk dalam menggerakkan jamaah dan jam’iyyah tidak bisa dilepaskan dari dukungannya. Beberapa kali ia pun berkunjung ke NU Pacarpeluk.
Dalam buku Pak Guru Nine ini, alumnus MAKN Jember tahun 1995-1998 ini pun berkenan memberikan kalimat endorsement yang tercantum di sampul belakang. Hal ini sangat bermakna bagi buku sederhana ini, karena makin menguatkan citra terhadap pembacanya.
Tak berlebihan jika dikatakan bahwa karya ketua Pengurus Ranting NU Pacarpeluk ini serba Jombang. Semua tokoh pendukungnya adalah orang-orang Jombang dan orang-orang sering ke Jombang karena bersimpati kepada orang Jombang.
Lebih istimewa lagi, buku serba Jombang ini sekarang telah terekam dalam sistem koleksi buku-buku yang dimiliki oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Jombang. Buku ini sekarang telah siap dibaca dan dipinjam oleh anggota perpustakaan yang dikelola langsung oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang. Masyarakat umum lebih mengenal perpustakaan daerah ini dengan nama Perpustakaan Mastrip yang terletak di jalan dr. Soetomo nomor 15 Jombang. {abc} 
Baca juga!
Buku karya ketua PRNU Pacarpeluk ini telah dimasukkan dalam kelompok buku dengan nomor kode 920 di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jombang.

Post a Comment

0 Comments