Subscribe Us

header ads

Kurangi Sampah Plastik Saat Qurban, Jamaah NU Pacarpeluk Gunakan Daun Jati

Daun Jati ini sengaja didatangkan dari hutan Plandaan untuk membungkus daging qurban yang dibagikan kepada warga.

Pembagian daging kurban yang dilakukan oleh jamaah NU Pacarpeluk kepada masyarakat tidak lagi menggunakan kantong plastik. Panitia lebih memilih menggunakan daun jati yang didatangkan dari hutan di wilayah Plandaan. Hal ini dilakukan untuk menyukseskan gerakan diet plastik demi kepedulian pada alam.
Ketua PRNU Pacarpeluk, Nine Adien Maulana mengatakan alasan daging kurban dibagikan menggunakan daun jati, karena merasa prihatin. Pasca Idul Adha banyak sampah plastik yang tidak mudah terurai oleh tanah.
"Intinya, kami ingin bersama-sama mengurangi penggunaan kantung plastik, khususnya dalam pengelolaan daging kurban tahun ini," katanya, saat rapat kordinasi panitia di Masjid Baitul Muslimin, Kamis,8 Agsutus 2019.
Panitia yang membungkus daging kurban pun merasa nyaman saja dengan bungkus daun jati ini. Hal ini bukan hal yang asing bagi mereka sebagai warga desa, sebab dulu mereka juga terbiasa menggunakan bungkus daun jati untuk kebutuhan sehari-hari.
"Baunya lebih sedap, daripada pakai tas kresek.", kata salah seorang panitia yang asyik membungkusi daging-daging kurban itu. {abc} 

Post a Comment

0 Comments