Subscribe Us

header ads

Habis Brendel Terbitlah Pentil

Tanaman semangka yang dipelihara ole KSU KUBe NUP Pacarpeluk telah berbunga dan berbuah kecil (pentil). Semoga terus tumbuh maksimal hingga mencapai panen dengan hasil yang maksimal pula. 

Gejala brendel (daun mengkerut) pada tanaman semangka yang dipelihara oleh KSU KUBe NUP Pacarpeluk lebih merupakan dinamika ikhtiyar menjemput rezeki para petani. Saat gejala itu muncul, maka ikhtiyar penanggulangannya harus dilakukan. Doa pun tak henti dipanjatkan.
Ikhtiyar itu pun berhasil dengan menggembirakan. Setelah beberapa hari, tanaman semangka itumengalami pemulihan. Ujung daun yang tadinya mengkerut, kini mulai mengembang lagi. Daun pun mekar dengan segar, seolah tersenyum kepada siapa saja yang melihatnya.
Setelah gejala brendel berlalu, kini tanaman semangka itu pun memasuki fase yang lebih menggembirakan. Tanaman itu kini telah berbungah. Sebagian lagi telah membentuk bakal buah (pentil). Batangnya terus menjulur, hingga hampir menutupi seperempat bagian lahan kosong yang memang disediakan sebagai media berkembangnya batang semangka itu.
Perkembangan ini telah memberikan kebahagiaan tersendiri bagi petani dan pengelolanya. Separuh perjalanan ikhtiyar menjumput rezeki telah dilalui dengan penuh dinamika. Masih ada separuh perjalanan lagi hingga mencapai finish yakni panen dengan masih yang maksimal dan penuh berkah. Semoga Allah SWT memudahkan ikhtiyar ini. Aamiin. {abc} 

Post a Comment

0 Comments