Subscribe Us

header ads

Kunjungi Bilik Pesantren Di Perpusda Jombang!

Perpustakaan Daerah ini yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang ini lebih dikenal oleh masyarakat umum dengan nama Perpustakaan Mastrip.

[Jombang,NUP] - Perpustakaan Daerah Kabupaten Jombang terus berbenah untuk mewujudkan visi Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing. Salah satu yang sedang dilakukannya adalah membuat bilik pesantren. Ini adalah sudut literasi khusus dengan beragam kitab-kitab referensi utama dalam studi Islam yang masih asli berbahasa Arab. Fasilitas ini diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan pada kyai dan santri yang butuh referensi utama.
“Saya ingin perpustakaan ini nanti juga banyak dikunjungi para santri dan kyai yang butuh referensi utama”, ucap Agus Purnomo. Untuk mewujudkan bilik pesantren itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang sangat terbuka menerima masukan.
Bilik Pesantren dan koleksi referensinya ini juga merupakan hasil akamodasi usulan dari Nine Adien Maulana, pengunjung setia perpustakaan ini. Tidak hanya usul, ketua Pengurus Ranting NU Pacarpeluk ini juga dengan senang hati memberikan daftar nama kitab-kitab referensinya. Di antaranya adalah "Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari" karya Al-Hafiz Ibnu Hajar Al-Asqalani, Fiqhul Islam wa Adilatuhu karya Wahbah al-Zuhayli, Tafsir Al-Munir karya Wahbah al-Zuhayli,  Nurul Yaqin karya Syekh Umar Abdul Jabbar, Ar-Rahiq-ul-Makhtum karya Safi-ur-Rahman Mubarakpur, Jami’ Karamatil Auliya karya asy-Syaikh Ismail Yusuf an-Nabhani, Jam’ul Jawami’ karya Imam Tajuddin As-Subki dan masih banyak lagi lainnya, termasuk buku-buku referensi yang berbahasa Indonesia.
Dengan adanya Bilik Pesantren ini, maka sangat tepat jika ke depan perpustakaan ini juga memiliki program workshop baca literasi pesantren yang berbahasa Arab gundul. Hal ini juga disampaikan oleh penulis buku “Serpihan Hikmah dari Buku Sekolah” kepada Agus Purnomo di kantornya saat menyerap aspirasi demi peningkatan kualitas perpustakaan ini.{abc}

Post a Comment

0 Comments