Subscribe Us

header ads

Pendiri Afkaaruna Islamic School Buka Rahasia Sukses Sekolahnya

Syamsul Maarif Mujiharto, Ph.D (bersarung biru) bersama rombongan studi banding dari SD Islam Roushon Fikr Jombang.

[Sleman,NUP] – Pempinan utama Afakaaruna Islamic School yang berada di Sleman Yogyakarta membuka rahasia sukses sekolahnya kepada ustadz-ustadzah SD Islam Roushon Fikr Jombang, Rabu, 25 September 2019. Syamsul Maarif Mujiharto, Ph.D mengatakan bahwa sekolah/madrasah harus berpijak dan dihidupi oleh nilai-nilai (values) yang diyakini. “Kita tidak perlu terlalu gamang dengan sekolah/madrasah lain, karena berbeda nilai“, tegas pria yang sehari-hari sebagai dosen filsafat UGM Yogyakarta.
Baca juga!

Perkembangan lembaga pendidikan yang didirikan oleh alumnus MAPK/MAKN Jember ini tidak bisa dipisahkan dari nilai-nilai yang dirumuskannya sejak awal bersama salah seorang pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. “Saya merumuskannya bersama Gus Awis.”, jelasnya di hadapan para peserta studi banding dari SD Islam Roushon Fikr.
Dalam struktur lembaga Afakaaruna Islamic School, nama Gus Awis atau Dr. Muhammad Afifuddin Dimyathi, Lc. MA tercatat sebagai Ketua Tim Ahli Bidang al-Dirasah al-Islamiyyah dan Pembelajaran Bahasa Arab.   
Salah satu nilai yang dipegangi oleh Afakaaruna Islamic School kesederhanaan santri. Inilah keistimewaan sekolah internasional yang khas dengan tradisi santri Nahdlatul Ulama. Tradisi ini juga sama seperti yang dilestarikan di SD Islam Roushon Fikr Jombang.
Lebih lanjut Maarif menambahkan,“Inovasi-inovasi yang dilakukan sekola harus berporos pada value tersebut. Tidak boleh terbalik, terlalu inovatif tapi tidak mengacu kepada value.“
Masalah value memang menjadi sangat fundamental dan filosofis. Namun, dosen filsafat ini mampu menerjemahkannya secara operasional dalam aksi nyata melalui lembaga pendidikan yang didirikannya.   
“Jika ini yang dilakukan, sekolah/madrasah akan unggul dan pada saat bersamaan tetap kuat karakternya.“, imbuh pria asli Blitar ini. {abc}

Post a Comment

0 Comments