Subscribe Us

header ads

Pagar Nusa Jadi Ekskul SD Islam Roushon Fikr

Kang Ghulam dan Kang Falen melatih santri Pagar Nusa Pacarpeluk tiap Rabu Sore di halaman masjid Baitul Muslimin dusun Peluk.

[Jombang, NUP] - SD Islam Roushon Fikr Jombang kini menjadikan Pencak Silat Pagar Nusa sebagai salah satu kegiatan ekstra kurikuler pilihan di sekolah ini. Kang Didin, pelatih senior Pagar Nusa di Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas diminta melatih murid-murid sekolah swasta favorit yang terletak di desa Pulo ini. 

Karena jumlah pesertanya banyak, santri asrama Al-Hadi PPBU Tambakberas ini mengajak Kang Ghulam bersama-sama melatih tiap hari Jumat di sekolah ini. Kang Ghulam adalah ketua dan pelatih Pagar Nusa Pacarpeluk. Ia juga merupakan ketua Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama di desa ini. 

Keterlibatan Kang Didin dan Kang Ghulam dalam melatih pencak silat di SD Islam Roushon Fikr ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pagar Nusa Pacarpeluk. Kang Didin adalah salah satu santri yang dipercayai oleh Gus Rofiq (pengasuh asrama Al-Hadi) untuk mendirikan Pagar Nusa Pacarpeluk dan menyelenggarakan latihan rutin di sana. Sedangkan, Kang Ghulam adalah kader muda NU Pacarpeluk yang pertama kali dinobatkan sebagai pelatih sekaligus ketua Pimpinan Ranting di desa ini. 

Sebagai pengantar kepada para pelatih, pihak SD Islam Roushon Fikr menegaskan bahwa pola latih dan militansi yang dibangun di kegiatan ekstra kurikuler sekolah berbeda dengan di luar sekolah. Prestasi menjadi hal utama dalam penyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini.  
"Kami tidak fanatik dengan aliran pencak silat tertentu. Pokoknya kami hanya ingin murid-murid kami menjadi shalih dan berprestasi melalui ektra kurikuler pencak silat ini.", pesan ustadzah Umi, waka Kesiswaan sekolah ini kepada para pelatih itu. {abc}  

Post a Comment

0 Comments