Subscribe Us

header ads

Para Pecinta Shalawat Akan Semarakkan Sedekah Desa Pacarpeluk

Kepala Desa Pacarpeluk, Bambang Suirman, memimpin musyawarah kordinasi persiapan acara Sedekah Desa 2019 bersama seluruh elemenen masyarakat Pacarpeluk.

[Pacarpeluk, NUP] - Berbeda dengan desa-desa lain yang biasanya menyelenggarakan Sedekah Desa pada bulan Muharram (Jawa: Syuro), Pacarpeluk memiliki tradisi Sedekah Desa pada Jumat Pahing di bulan Rabi'ul Awwal (Jawa: Mulud) atau Rabi'uts Tsani (Jawa: Bakda Mulud). Momentum ini tentu sangat strategis karena bisa sekaligus menjadi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
"Tolong para generasi muda memperhatikan hal ini, agar kelak hal ini bisa tetap dilestarikan di Pacarpeluk, siapapun yang menjadi kadesnya.", jelas Bambang Suirman mengawali sambutannya saat memimpin musyawarah kordinasi persiapan Sedekah Desa pada Selasa malam, 29 Oktober 2019.
Sebagaimana umumnya acara Sedekah Desa, acara utamanya adalah berdoa bersama dan kenduri untuk keberkahan bersama. Sedangkan acara-acara yang bersifat hiburan dan mengundang keramaian hanya merupakan acara tambahan.
Pada tahun ini Sedekah Desa Pacarpeluk akan diselenggarakan pada Jumat Pahing, 8 November 2019. Pada pagi harinya, akan diselenggarakan acara Barikan (Doa dan Kenduri Bersama) di tiap dusun. Malam harinya akan diselenggarakan Majelis Shalawat Nabi Muhammad SAW yang dipandu oleh jamaah Syeikher Mania Jombang. Acara ini sekaligus menjadi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
"Mari kita niati untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan ajak seluruh anggota keluarga untuk hadir bershalawat bersama Syeikher Mania Jombang.", ajak Kades Pacarpeluk ini.
Untuk menyukseskan acara shalawatan tersebut, tiap rumah (KK) diminta partisipasi dengan memberikan 1 nasi kotak. Ada 975 KK warga Pacarpeluk, jika semuanya ikut berpartisipasi maka ada 900an nasi kotak yang bisa dibagikan kepada jamaah yang menghadiri acara shalawatan tersebut.
Lebih lanjut Bambang Suirman menjelaskan bahwa tiap warga yang menyetor nasi kotak akan diberi 2 kupon yang akan diundi saat acara jalan sehat pada Ahad pagi, 10 November 2019 di dusun Pacar.
Acara Sedekah Desa ini didukung oleh Keluarga Besar NU Pacarpeluk, khususnya IPNU dan IPPNU Pacarpeluk. Mereka menjadi motor utama penggerak acara yang akan menyemarakkan desa ini. Apalagi, mereka lah yang selama ini telah menyemarakkan Pacarpeluk dengan alunan shalawat yang dikumandangkan dari segala penjuru desa ini.
Selain peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, acara ini sekaligus sebagai momentum peluncuran dua unit usaha yang dikelola oleh NU Pacarpeluk, yaitu NUP Barbershop dan Kedai Literasi NUP. Kedua unit ini merupakan wahana pengembagan diri generasi muda Pacarpeluk dalam giat Literasi dan Interpreneur. {abc}

Post a Comment

0 Comments