Subscribe Us

header ads

Di Sini, Barikan Sekedah Desa dibarengkan Muludan

Barikan dan Muludan warga dusun Pacar dan Peluk

Barikan dan Muludan warga dusun Tegalrejo

Barikan dan Muludan warga dusun Soko

[Pacarpeluk, NUP] – Barikan sebenarnya sama dengan kundangan atau kenduri, yakni makan bersama setelah berdoa untuk hajat tertentu yang biasa dilakukan oleh warga pedesaan. Bedanya adalah Barikan melibatnya massa yang banyak, sehingga biasanya dilakukan di tempat terbuka, misal di jalan kampung atau di lapangan. Sedangkan, kundangan atau kenduri biasanya dilakukan oleh sejumlah warga yang tidak terlalu banyak sehingga dilaksanakan di tempat yang lebih khusus, misal di dalam rumah,musholla atau masjid.
Dalam rangka Sedekah Desa dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2019 Pemerintah Desa Pacarpeluk menyelenggarakan Barikan dengan maksud mendoakan seluruh ahli kubur warga Pacarpeluk dan berdoa untuk kesejahteraan dan keberkahan bersama. Acaranya diselenggarakan di dusun masing-masing.
Karena masjid Al-Mukmin masih sedang dibangun, warga dusun Tegalrejo menyelenggarakan Barikan dan Maulidan di TPQ Al-Mukmin hingga mengular memenuhi jalan dusun. Warga dusun Soko menyelenggarakannya di Masjid Baiturrahman. Keduanya diselenggarakan pada Kamis malam, 7 November 2019.
Jumat pagi, 8 November 2019 warga dusun Peluk dan Pacar menyelenggarakannya di jalan jalan tepi sungai di sekitar makam leluhur desa Pacarpeluk. Mereka berdzikir Tahlil dan berdoa dengan dipimpin oleh salah seorang pemuka masyarakat.
Acara Barikan warga dusun Peluk dilanjutkan di Masjid Baitul Muslimin setelah shalat Jumat. Mereka berzikir dan berdoa. Setelah itu, makan bersama menikmati bakso yang dipesan dari salah seorang jamaah.
Jumat malam, 8 November 2019 seluruh warga akan berkumpul di dusun Pacar untuk berdzikir shalawat dengan dipandu oleh Syeikher Mania Jombang dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW serta memohon berkah untuk kesejahteraan seluruh warga Pacarpeluk. {abc}

Sekitar pukul 07.00 pagi warga dusun Pacar dan Peluk berkumpul di jalan tepi sungai Brantas. 
Sebagian warga dusun Pacar menyelenggarakan Barikan di Balai Desa Pacarpeluk.

Post a Comment

0 Comments