Subscribe Us

header ads

Gandeng DLH dan Sanggar Hijau, NUP Rancang Aksi Peduli Lingkungan

Dengan dukungan penuh Yayasan Astra Honda Motor, NU Pacarpeluk kini merintis aksi-aksi pemberdayaan masyarakat di bidang lingkungan hidup. Untuk mewujudkannya, NUP menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang dan Sanggar Hijau Indonesia yang ada di Kaliwungu Jombang. 
Shanti Wurdiani Ramadhani adalah aktivis Sanggar Hijau Indonesia yang telah menggerakkan masyarakat lingkungan rumahnya untuk peduli dengan lingkungan dan konservasi alam.
Lahan kosong yang sebelumnya tampak kumuh, kini telah dimanfaatkan sebagai area budidaya tanaman organik.
Warga memanfaatkan jalan yang telah dikeraskan dengan paving konblok sebagai lobang biopori sekaligus komposter sampah organik rumah tangga. 
Sampah anorganik berupa botol plastik dimanfaatkan menjadi gapura masuk gang.
Kawasan yang sebelumnya gersang, kini telah menjadi hijau. Bahkan, ada juga warga yang membuat halaman rumahnya sebagai rumah pembibitan. 
Lahan kosong di belakang Rutan Jombang yang sebelumnya kumuh kini dimanfaatkan untuk ditanamni tanaman Toga.
Ada juga tanaman yang dikembangkan dengan model hidroponik yang diberi nutrisi pupuk organik cair hasil fermentasi sampah buah.

Sampah Anorganik dikelola di Bank Sampah untuk dijual sehingga bernilai ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Kasi Konservasi Dinas Lingkungan Hidup Jombang, Amin Kurniawan, meninjau lokasi yang akan dijadikan proyek peduli lingkungan yang akan dilakukan oleh NU Pacarpeluk. 

Post a Comment

0 Comments