Subscribe Us

header ads

Inilah Rangkaian Acara Sedekah Desa Pacarpeluk 2019

Papan Nama Kantor Pemerintah Desa Pacarpeluk dibangun dengan memadukan konsep taman dan papan identitas lembaga.

[Pacarpeluk, NUP] – Sedekah Desa Pacarpeluk diselenggarakan tiap tahun. Tradisi ini diselenggarakan pada bulan Jumat Pahing di bulan Rabi'ul Awwal (Jawa: Mulud). Momentum ini tentu sangat strategis karena bisa sekaligus menjadi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
Para sesepuh desa ini mengingatkan, jika acara Sedekah Desa tidak bisa diselenggarakan pada bulan Rabi'ul Awwal (Jawa: Mulud), acara ini bisa dilaksanakan pada bulan Rabi'uts Tsani (Jawa: Bakda Mulud), tapi tetap di hari Jumat Pahing. Mereka berharap tradisi ini terus dilestarikan meskipun diselenggarakan secara sederhana. Inti acara Sedekah Desa adalah berbagi, berdoa dan mendoakan. Tujuannya adalah agar Allah SWT senantiasa memberi keberkahan kepada desa Pacarpeluk dan seluruh warganya.
Jika ada acara lain-lain yang bersifat hiburan dan mengundang keramaian, maka itu hanyalah acara tambahan saja. Andai hal itu tidak diselenggarakan juga tidak apa-apa. Yang penting acara inti berupa berbagi, berdoa dan mendoakan tetap ada dan dilestarikan.
Pada tahun 2019 Pemerintah Desa Pacarpeluk bersama seluruh elemen masyarakatnya termasuk jamaah dan jam'iyyah NU Pacarpeluk sepakat menyelenggarakan serangkaian acara Sedekah Desa pada 8 November 2019 yang bersamaan dengan tanggal 11 Robi'ul Awwal 1441 H. Ada beberapa rangkaian mata acaranya yaitu:
1. Barikan 
Ini adalah acara kenduri rakyat. Masing-masing dusun menyelenggarakan kenduri dan berdoa. Mereka berdoa memohon keberkahan dari Allah SWT dan mendoakan ahli kubur pemimpin dan warga Pacarpeluk yang telah meninggal dunia. 
Acaranya seperti kenduri pada umumnya. Warga membawa makanan kemudian salah seorang imam (modin) memimpin dzikir tahlil dan berdoa. Setelah itu makanan itu dinikmati bersama-sama.
Acara ini akan diselenggarakan pada Jumat pagi, 8 November 2019. Tempatnya di masing-masing dusun sesuai kesepakatan warga dengan kepala dusunnya.
2. Pacarpeluk Bershalawat
Pada Jumat malam, 8 November 2019, seluruh warga Pacarpeluk diajak bersama-sama berdzikir dan bershalawat untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara ini akan dipandu oleh jamaah Syeikher Mania Jombang.
Tiap warga berdasarkan Kartu Keluarga diminta berpartisipasi menyumbang 1 kotak nasi yang akan dibagikan kepada seluruh jamaah yang hadir dalam acara Pacarpeluk Bershalawat. 
3. Jalan Sehat dan Hiburan 
Pada hari Ahad pagi, 10 November 2019 rangkaian acara Sedekah Desa dilanjutkan dengan acara hiburan berupa Jalan Sehat. Sepanjang jalan raya dusun Pacar, mulai perbatasan Pacarpeluk-Sumberagung hingga perempatan utara SDN Pacarpeluk akan ditutup. Area itu sementara waktu akan dijadikan sebagai area bebas kendaraan yang dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan rekreatif warga.
Sebelum jalan sehat warga diajak bersama-sama senam setelah itu berjalan mengelilingi dusun Pacar dan Peluk sambil pengumpulan kupon berhadiah. Proses pengundian kupon berhadiah itu akan dimeriahkan dengan hiburan musik organ tunggal yang mengiringi lagu-lagu yang dibawakan oleh para penyanyi. 
Tiga mata acara ini akan menyemarakkan acara Sedekah Desa Pacarpeluk 2019. Diharapkan seluruh warga Pacarpeluk ambil bagian dalam kegiatan demi kesuksesan acara tersebut. {abc} 

Post a Comment

0 Comments