Subscribe Us

header ads

Kearifan Lokal Perawatan Jenazah Warga Pacarpeluk

Warga Pacarpeluk bergotong-royong menyelenggarakan perawatan jenazah mbah Rusening yang meninggal pada Ahad, 3 November 2019.

[Peluk, NUP] – Tradisi gotong royong dalam perawatan jenazah dilakukan oleh warga Pacarpeluk secara khas. Secara organisasi, di tiap dusun telah terdapat organisasi Rukun Kematian yang mengelola kebutuhan perawatan jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani, menyolati dan menguburkan.
Melalui organisasi itu, semua kebutuhan perlengkapan untuk perawatan jenazah sudah terpenuh. Jika ada warga yang meninggal dunia, maka anggota keluarganya tidak perlu lagi direpotkan belanja perlengkapan jenazah. Semuanya telah dicukupi oleh organisasi ini.
Saat melayat ke rumah duka, warga laki-laki memberikan infaq sukarela yang difasilitasi oleh pengurus Rukun Kematian. Dana yang terkumpul itu kemudian diserahkan kepada keluarga duka sebagai bentuk santunan kepedulian. Pelayat perempuan juga datang dengan membawa sumbangan duka berupa beras.
Tidak semua warga datang ke rumah duka. Ada juga warga yang langsung menuju kuburan. Mereka membawa perlengkapan untuk menggali liang kubur. Semuanya dilakukan secara sukarela. 
Para warga sadar bahwa kematian adalah kepastian. Mereka merasa bahwa kelak jika ia mati, maka juga butuh orang lain untuk merawat jenazahnya. Oleh karena itulah aktivitas gotong royong yang berlangsung secara kultural ini tetap lestari, karena masing-masing butuh untuk peduli agar kelak juga mendapat kepedulian warga yang lain. {abc}

Post a Comment

0 Comments