Subscribe Us

header ads

Kedai Literasi NUP Segera Diluncurkan

Meskipun koleksi bacaan belum banyak, pengunjung Kedai Literasi NUP mulai memanfaatkannya sambil mengantri layanan NUP Barbershop yang berada di sampingnya.


[Pacarpeluk, NUP] – Kedai Literasi NUP adalah branding baru Perpustakaan Desa Pacarpeluk. Dengan branding ini Perpustakaan Desa Pacarpeluk diupayakan tidak lagi dicitrakan sebagai kumpulan bacaan saja, namun menjadi lembaga pendidikan yang inovatif dan dinamis. Ini adalah hasil kerjasama Pemerintah Desa Pacarpeluk dengan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Pacarpeluk.
Kedai Literasi NUP akan dikelola oleh kader-kader muda NU Pacarpeluk. Fitriana Laila diamanahi sebagai manajernya. Ia adalah ketua PR IPPNU Pacarpeluk yang memiliki kepedulian kepada aksi literasi baik di kampung maupun di sekolahnya.
Kedai Literasi NUP ini berada tepat disamping NUP Barbershop, yakni di dusun Pacar, desa Pacarpeluk, Megaluh, Jombang. Keduanya adalah kesatuan unit yang saling melengkapi. Jika pengunjung bertujuan utama untuk pangkas rambut, maka ia bisa membaca berbagai koleksi Kedai Literasi NUP sambil menunggu giliran pangkas rambut. Jika tujuan utamanya adalah membaca koleksi, maka ia juga bisa membacanya sambil mendapat layanan khusus NUP Barbershop.
Untuk memanjakan pengunjung, Kedai Literasi NUP juga akan dilengkapi dengan fasilitas koneksi internet. Fasilitas ini sangat penting karena Kedai Literasi NUP memang dirancang untuk menguatkan program literasi digital yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Pacarpeluk dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Pacarpeluk melalui keberadaan website-nya.
Secara simbolis, Kedai Literasi NUP akan diluncurkan bersamaan dengan acara Pacarpeluk Bershalawat Bersama Syeikher Mania pada Jumat malam, 8 November 2019 dalam rangka Sedekah Desa 2019. Kumandang bacaan shalawat itu diharapkan bisa menebarkan keberkahan bagi Kedai Literasi NUP, sehingga mampu menghadirkan manfaat bagi masyarakat luas.   
Koleksi bacaan Kedai Literasi NUP disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Diantaranya adalah tema keislaman, pendidikan, sosial, budaya, sastra (novel, cerpen dan puisi), ekonomi, pertanian, perikanan, motivasi diri, dan  ilmu terapan lainnya. 
Kedai Literasi NUP juga sedang menyiapkan program-program literasi yang menarik bagi semua kalangan masyarakat, mulai kanak-kanak hingga dewasa. Melalui program ini istilah literasi diupayakan sedemikian rupa menjadi tidak terkesan elitis, eksklusif, namun menjadi lebih membumi khususnya bagi masyarakat pedesaan. Apa saja program-programnya? Tunggu saja gebrakan Kedai Literasi NUP setelah resmi diluncurkan. {abc}  

Post a Comment

0 Comments