Subscribe Us

header ads

Sekilas Tentang Pagar Nusa Pacarpeluk

Sebelum mengakhiri rangkaian latihan rutin, para santri pendekar Pagar Nusa Pacarpeluk melakukan refleksi bersama.

[Pacarpeluk, NUP] – Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa adalah salah satu badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama. Di Pacarpeluk, PSNU Pagar Nusa baru didirikan pada Sabtu, 17 Februari 2018 oleh Nine Adien Maulana (ketua PRNU Pacarpeluk) dan Dr. Ainur Rofiq Al-Amin, SH (Pembina PSNU Pagar Nusa PPBU Tambakberas). Keduanya sepakat mendirikan kepengurusan ranting PSNU Pagar Nusa di Pacarpeluk dan menugaskan santri pelatih senior untuk melakukan latihan rutin di desa ini. Hal ini sebagai jawaban atas permintaan kader-kader muda NU Pacarpeluk agar di desa ini diselenggarakan latihan Pencak Silat.
Rapat kordinasi latihan perdana PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk dilaksanan di Rumah Pergerakan NU Pacarpeluk  

Amirul Mirza Ghulam dipercaya sebagai ketua Pimpinan Ranting PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk. Ia adalah salah satu kader penggerak IPNU desa ini. Bersama Valen Hadiansyah, ia menggerakkan roda kepengurusan PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk.   


Rapat Pembentukan Kepengurusan Pimpinan Ranting PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk

Senin sore, 5 Maret 2018 menjadi latihan perdana  PSNU Pagar Nusa Pacarpelu bagi para penggerak NU muda Pacarpeluk. Latihan perdana ini dilaksanakan di halaman Balai Desa Pacarpeluk. Tempat ini dipilih sebab sangat strategis. Letaknya di tengah-tengah wilayah desa dan menjadi tempat ikonik bagi warga desa ini.


Latihan Perdana PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk di halaman Balai Desa Pacarpeluk

Memasuki tahun kedua, PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk makin eksis. Latihan rutin dilaksanakan 4 kali dalam seminggu, yaitu: Senin malam, Selasa sore dan Sabtu sore di halaman Balai Desa Pacarpeluk serta Rabu sore di halaman Masjid Baitul Muslimin dusun Peluk. Para santri PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk juga aktif mengikuti dan menjuarai event kejuaraan Pencak Silat.    

Delegasi PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk berhasil meraih juara 2 jurus baku kategari seni di Kejuaraan Pencak Silat BU Cup III yang diselenggarakan di PPBU Tambakberas pada 1-3 April 2019. Selain itu dalam Kejurcab Pagar Nusa yang diselenggarakan  di Balai Desa Karangmojo Plandaan Jombang pada Sabtu-Ahad, 19-20/2019, Caraka Shankara, delegasi PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk, berhasil meraih juara 1 kategori kelas usia dini. Dengan capaian ini, murid kelas VI SD Islam Roushon ini akan menjadi delegasi Pimpinan Cabang PSNU Pagar Nusa Jombang untuk mengikuti Kejuaraan Daerah yang akan diselenggarakan di Surabaya.


Delegasi PSNU Pacarpeluk meraih juara di Kejuaraan Pencak Silat BU CUP III di Tambakberas

Delegasi PSNU Pacarpeluk juga meraih juara di Kejuaraan Cabang Pencak Silat Pagar Nusa Jombang 

Jumlah santri PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk kini terus bertambah. Ada sekitar 25 santri yang aktif mengikuti latihan. Mereka sebagian besar berusia dini yang masih belajar di jenjang SD atau MI. Mereka sangat antusias mengikuti latihan, sehingga menjadi potensi besar bagi PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk untuk eksis dalam berbagai kejuaraan meraih prestasi. {abc}


Tiap Rabu sore, halaman masjid Baitul Muslimin dusun Peluk menjadi tempat latihan para pendekar santri ini.
  
Mayoritas santri PSNU Pagar Nusa Pacarpeluk masuk katagori usia dini.


Post a Comment

0 Comments