Subscribe Us

header ads

Jaringan Guru NU Kecamatan Megaluh Dirintis Di Sini

Kesamaan kultur Nahdiyyah di antara kedua guru ini menjadi modal bagi keduanya untuk menghadirkan kemanfaatan yang lebih luas kepada para guru Nahdlatul Ulama di wilayah kecamatan Megaluh. 


[Pacarpeluk,NUP] – Guru-guru yang berkultur Nahdliyyah di wilayah kecamatan Megaluh sangat banyak. Sayangnya mereka belum mampu berkiprah secara resmi dengan bendera Nahdlatul Ulama. Apalagi kepengurusan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) sebagai badan otonom resmi NU belum terbentuk di wilayah ini. 
Didorong semangat ingin menghadirkan kemanfaatan yang lebih luas kepada masyarakat, khususnya para guru Nahdlatul Ulama, Nine Adien Maulana, ketua PRNU Pacarpeluk mengajak Tony Achmad Hidayat untuk mengorganisasi para guru yang berkultur Nahdliyyah ini dalam Pengurus Ancak Cabang (PAC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) kecamatan Megaluh.
Pak Guru Tony, demikian panggilan akrab pria yang sehari-hari bertugas di SD Negeri Kedungrejo, Megaluh, Jombang. Ia adalah guru muda yang kreatif dan penggerak. Tidak hanya di aktif di sekolahnya, Pak Guru Tony juga aktif di desanya dalam kepengurusan Badan Perwakilan Desa Kedungrejo.
"Kita harus secara perlahan mengenalkan PERGUNU kepada guru-guru di wilayah kecamatan Megaluh.", ucap pak guru Tony. Ia kurang sependapat jika langsung mendirikan kepengurusan PERGUNU di kecamatan Megaluh, karena mayoritas guru masih mengangap bahwa organisasi profesi guru hanya tunggal. 
"Sebaiknya kita perlu lebih dulu masuk dalam forum-forum KKG dalam kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi guru, sambil mengenalkan PERGUNU". Jelas ketua KKG Gugus 2 Kecamatan Megaluh ini kepada ketua PRNU Pacarpeluk.  
Ketua PRNU Pacarpeluk sependapat dengan gagasan itu. "Memang kita perlu membuat jaringan guru NU dulu sebelum secara resmi membentuk kepengurusan PERGUNU". Ia pun menambahkan bahwa jika aksi ini bisa dilakukan, maka membentuk kepengurusan PERGUNU adalah hal yang lebih mudah dan lebih efektif. {abc}   

Post a Comment

0 Comments