Subscribe Us

header ads

Guru Jangan Terlalu dibebani Administrasi Pembelajaran!

Pelatihan Guru ini dipandu oleh M. Sholahuddin dan Mamik Rosita. Keduanya mengajak para peserta menggali substansi Merdeka Belajar dan Pendidikan Karakter. 

[Tambakberas,NUP] - Merdeka Belajar menjadi tema aktual dalam dunia pendidikan dewasa ini, setelah Mendikbud Nadiem Makarim menyampaikan visinya dalam memimpin kementerian itu. Berbagai pihak pun menyelenggarakan acara ilmiah untuk menerjemahkan visi tersebut secara praktis.
Salah satunya adalah PC PERGUNU Jombang. Organisasi profesi guru nahdliyyin ini menghadirkan Mamik Rosita dan M.Sholahuddin untuk berbagai ilmu tentang Merdeka Belajar dan Penguatan Pendidikan Karakter (Ahad,23/2/2020). Keduanya adalah Instruktur Nasional Kementerian Agama Republik Indonesia yang sekaligus menjadi kader PC PERGUNU Jombang.
“SE Mendikbud no 16 tahun 2019 memberikan kebebasan tentang penyusunan RPP oleh guru. Guru bebas untuk menyusun, mengembangkan dan memilih format RPP yang dianggap baik, dengan prinsip efisein, efektif dan berorientasi pada siswa.”, jelas Mamik mengawali pembahasannya.
Lebih lanjut perempuan yang sehari-hari bertugas sebagai pengawas PAI ini menambahkan bawah ada tiga komponen inti yg harus ada dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu; tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan assesment atau penilaian.
Penyederhanaan RPP ini dimaksudkan agar guru tidak terbebani dengan tugas administrasi yang berlebihan, sehingga mengabaikan proses pembelajaran.
Dalam paparannya M.Sholahuddin juga menambahkan bahwa merdeka belajar yang diamanatkan oleh Mendikbud itu mengandung empat point, yaitu: UN, USBN, RPP dan PPDB. Selain itu,hal penting yang menjadi perhatian pemerintah adalah penguatan pendidikan karakter yang  meliputi lima karaktet utama yaitu; religius, nasionalis, gotong-royong, mandiri, dan integritas.
Dengan demikian kepaduan merdeka belajar dengan penguatan pendidikan karakter diharapkan menghasilkan lulusan lembaga pendidikan yang kreatif dan produktif dalam belajar tanpa mengabaikan jadi diri bangsa yang penuh dengan nilai-nilai kemuliaan. {abc}

Post a Comment

0 Comments