Subscribe Us

header ads

Inilah Amaliyah Doa Bersama Ribuan Pelajar Jombang

Kegiatan doa bersama diawali dengan pelaksanaan shalat Dhuha dan Hajat serta memperbanyak doa.


[Jombang, NUP] – Rangkaian acara doa bersama yang diselenggarakan oleh MGMP PAI SMAN Kabupaten Jombang (Jumat. 28/2/2020) sebenarnya merupakan amalan yang telah mentradisi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat santri. Kegiatan diawali dengan pelaksanaan shalat-shalat sunnah. Karena kegiatan ini selenggarakan pagi hari, maka shalat yang dilaksanakan adalah shalat dhuha dan hajat yang dilakukan secara berjamaah. Shalat-shalat sunnah itu ditutup diakhiri dengam pelaksanaan sujud syukur dan disempurnakan dengan pembacaan doa.   
Ritual kemudian dilanjutkan dengan dzikir istighatsah, pembacaan surah Yasin, dzikir Tahlil dan pembacaan shalat Maulid Nabi Muhammad SAW. Rangkaian dzikir ini pun disempurnakan lagi dengan pembacaan doa sesuai dengan apa yang dihajatkan.
Setelah seluruh rangkaian ritual selesai, acara dilanjutkan sesi seremonial yang berisi pidato sambutan-sambutan. Dalam acara ini peserta lebih rilek mengikutinya sesuai dengan kecakapan siapa yang menyampaikan pidatonya.
Setelah semua acara seremonial selesai, acara pun dipungkasi dengan saling berjabat tangan antar peserta kegiatan doa bersama dengan diiringi pembacaan shalawat. Seluruh rangkaian acara pun selesai dan peserta bubar pulang menuju tempat asal masing-masing. 
Ritual acara semacam ini sebenarnya telah biasa dilakukan oleh  para kyai kampung. Mereka mengajak jamaahnya untuk menghidupkan masjid dan musholla dengan melakukan serangkaian ritual malam dengan memperbanyak shalat sunnah dan berdzikir serta berdoa. Kegiatan ini akrab dikenal dengan sebutan lailatul ijtima’. Dengan demikian ini adalah tradisi kaum santri sebagai ikhtiyar batin untuk memohon ijabah atas segala hajat mereka. {abc}

Sambil bersujud jamaah memanjatkan doa permohonan ijabah hajat kepada Allah SWT.

Seluruh bagian masjid Baitul Mukminin alun-alun Jombang penuh dengan peserta doa bersama pelajar jenjang pendidikan menengah.

Semuanya khusyu' konsentrasi sambil terus melafadzkan dzikir istighatsah.

Dzikir dan Doa terus dilakukan dengan penuh khidmat.

Dengan iringan rebana, semua jamaah berdiri sambil melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Saling berjabat tangan dan bershalawat menandai akhir seluruh rangkaian acara. Jamaah pun kembali ke tempat asal masing-masing.

Post a Comment

0 Comments