Subscribe Us

header ads

Koperasi Ini Siap Menangguk Untung dari Bank Sampah

Dari kiri: Dewi Jamilah (Bendahara), Nine Adien Maulana (Ketua) dan Bambang Suirman (Kepela Desa Pacarpeluk)

Koperasi Serba Usaha (KSU) KUBe NUP Pacarpeluk menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) perdana (Ahad, 9/2). “Ini luar biasa. Baru setahun beroperasi, koperasi ini bisa langsung menyelenggarakan RAT.”, kata Fathurroziq dari Dinas Koperasi dan IKM Kabupaten Jombang yang hadir dalam acara itu.
Dalam rapat itu disampaikan bahwa koperasi ini akan segera membuat unit usaha Bank Sampah. Selain untuk usaha ekonomi, unit ini dimaksudkan untuk menggerakkan masyarakat khususnya anggota koperasi dalam aksi peduli lingkungan.  
“Untuk menyiapkan unit usaha itu, kami sedang berkordinasi dengan banyak pihak, khususnya dinas lingkungan hidup yang mengelola bank sampah induk”, jelas Nine Adien Maulana yang memimpin jalannya RAT di beranda masjid Baitul Muslimin dusun Peluk, desa Pacarpeluk.
Ketua koperasi ini ingin unit ini bisa bersinergi dengan banyak pihak, sehingga bisa mudah dijalankan karena mendapatkan banyak dukungan. Selama ini koperasi ini telah bersinergi secara aktif dengan Pemerintah Desa, sehingga bisa berjalan dengan saling melengkapi.  
KSU KUBe NUP Pacarpeluk adalah koperasi yang masih sangat baru. Ini adalah hasil kreativitas penggerak NU Pacarpeluk yang didukung oleh Yayasan Astra Honda Motor. Meskipun baru berusia setahun, namun koperasi ini telah mampu menggerakkan banyak sektor riil ekonomi. Pertanian semangka, pertanian pisang, persewaan scaffolding, penggemukan domba, pembiayaan kemasan produk, Barbershop, dan Simpan Pinjam adalah unit-unit usaha yang telah kita jalankan.
“Kelak kita tidak perlu lagi bayar iuran wajib dengan uang tunai, tapi cukup dengan membayar sampah plastik dan kertas kepada bank sampah kita.”, jelas guru SMAN 2 Jombang ini di hadapan peserta RAT. {abc}

Post a Comment

0 Comments