Subscribe Us

header ads

Inilah Ikhtiyar Sederhana Lahir Batin Selamat dari Virus Corona

Translasi shalawat thibbil qulub: Allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin thibbil qulubi wa dawaa'ihaa wa 'aafiyatil abdaani wa syifaa'ihaa wa nuuril abshaari wa dhiyaa'ihaa wa 'alaa 'aalihii wa shahbihii wa sallim.


[Pacarpeluk, NUP]  – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginstruksikan kepada seluruh Pengurus WiIayah, Cabang, Lembaga, dan Badan Otonom Nahdlatul Ulama serta Pondok Pesantnen di semua tingkatan, agar membaca Shalawat Thibbil Qulub agar wabah Virus Corona dapat segera teratasi dan tidak menyebar ke Indonesia.
Instruksi tersebut dinyatakan dalam Surat Instruksi bernomor 3905/C.I.34/02/2020 pada tanggal 10 Februari 2020/16 Jumadil Akhir 1441 H. Instruksi tersebut ditujukan kepada Pengurus Wilayah NU, Pengurus Cabang NU, Pengurus Lembaga dan Badan Otonom NU, serta Asosiasi Pesantren di Bawah Naungan RMI-NU.
“Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan prihatin atas adanya musibah merebaknya wabah Virus Corona yang melanda saudara-saudara kita di Republik Rakyat Tiongkok dan di beberapa negara lainnya. Berkaitan dengan bencana tersebut, PBNU menginstruksikan kepada seluruh Pengurus WiIayah, Cabang, Lembaga, Baden Otonom Nahdlatul Ulama dan Pondok Pesantnen di semua tingkatan agar membacakan Sholawat Thibbil Qulub agar wabah virus corona segera teratasi dan khususnya bangsa Indonesia dilindungi dari wabah tersebut,” demikian isi instruksi dari PBNU yang diterima melalui berbagai group WA kader penggerak NU Jombang.
Instruksi ini adalah bagian dari ikhtiar batin yang bisa dilakukan oleh oleh kaum muslimin, sedangkan ikhtiar lahirnya yang sederhana sebagaimana yang dirilis oleh World Health Organization (WHO) adalah sebagai berikut:
1.  Cuci tangan sesering mungkin
2.  Terapkan teknik bernapas yang higienis
Ketika anda hendak batuk atau bersin, tutuplah mulut dan hidung dengan bagian dalam siku lengan atau tisu, kemudian buanglah tisu segera ke dalam tempat sampah tertutup, dan bersihkan tanganmu dengan antiseptik berbahan dasar alkohol atau cuci tangan dengan sabun dan air.
3.  Pertahankan jarak dengan orang lain
Cara pencegahan virus corona COVID-19 yang bisa anda lakukan berikutnya adalah pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) dengan orang lain, khususnya dengan mereka yang sedang batuk, bersih, dan demam.
4.  Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut
Tangan kita menyentuh banyak permukaan yang bisa saja terkontaminasi virus. Jika anda menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan menggunakan tangan yang telah terkontaminasi virus, maka anda akan memindahkan virus dari permukaan benda tersebut ke dalam tubuhmu.
5.  Segera cari bantuan medis jika demam, batuk, atau susah bernapas,
Beritahu tenaga medis jika anda telah melakukan perjalanan di suatu daerah di China, tempat di mana virus corona (COVID-19) dikabarkan muncul, atau jika anda pernah melakukan kontak dengan seseorang yang sehabis melakukan perjalanan ke China dan memiliki gejala gangguan pernapasan.
6.  Jika anda memiliki gangguan pernapasan ringan dan tidak punya riwayat perjalanan ke atau di dalam China
Jika anda memiliki gangguan pernapasan ringan dan tidak punya riwayat perjalanan ke atau di dalam China, lakukanlah pernapasan dasar dan jaga kehigienisan tangan dengan hati-hati, serta jika memungkinkan, tinggallah di dalam rumah sampai kondisimu pulih.
7. Sebagai cara pencegahan virus corona COVID-19 secara umum, lakukanlah langkah-langkah umum menjaga kebersihan saat mengunjungi pasar hewan hidup, pasar basah, atau pasar produk makanan berbahan dasar hewan
8. Hindari mengonsumsi makanan berbahan dasar hewan yang mentah atau setengah matang
Inilah ikhtiar lahir batin yang bisa secara sederhana dilakukan oleh siapa saja, lebih-lebih kaum muslimin warga Nahdliyin dimana saja. {abc}

Post a Comment

0 Comments