Subscribe Us

header ads

Jamaah Masjid Ini diajak Lengkapi Wudlu dengan Sabun Antiseptik

Beranda masjid Baitul Muslim dipasang poster protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Baznas Kabupaten Jombang


[Peluk,NUP] – Setelah mendapat bantuan cairan pensetiril tangan (hand sanitizer) dan protokol kesehatan dari Baznas Kabupaten Jombang, pengurus Takmir Masjid Baitul Muslimin melengkapi tempat wudlunya dengan sabun tangan anti septik. Hal ini disebabkan persediaan hand sanitizer terbatas dan sementara ini sulit mendapatkannya di apotek atau toko-toko obat lainnya.
Setiap jamaah yang mau masuk masjid ini dihimbau melakukuan wudhu dengan lebih dulu mencuci tangan menggunakan sabun tersebut. Ada dua tempat wudlu di masjid ini. Masing-masing telah disediakan sabun antiseptik. Siapa saja bisa menggunakannya. Tindakan ini dilakukan sabagai langkah antisipatif penyebaran virus corona / covid-19 di lingkungan masjid ini.
Selain itu, semua karpet masjid ini juga dilepas dan dilakukan pengepelan lantai secara rutin dengan menggunakan cairan antiseptik. Jika biasanya imam masjid ini selalu mengingatkan jamaah agar merapatkan dan meluruskan barisan shalat, maka sejak beberapa hari ini imam menghimbau jamaah agar membuat shaf shalat secara lurus namun merenggang. Antar makmum yang satu dengan makmum yang lain ada ruang yang berjarak.
“Semua ini kami lakukan karena mengikuti protokol kesehatan yang diinstruksikan oleh pemerintah agar wabah ini segera berlalu. Makanya setelah shalat kami juga meniadakan dulu tradisi salam-salaman.”, jelas Nine Adien Maulana. Ketua pengurus Takmir Masjid ini juga menambahkan bahwa jika wabah ini telah tertanggulangi dan keadaan telah normal kembli maka tradisi saling bersalaman setelah shalat akan tetap dijalankan.  
Meskipun ada penyesuaian baru, kegiatan peribadatan di masjid ini masih berlangsung secara normal. Shalat Jumat tetap dilaksanakan seperti biasa, begitu juga dengan shalat lima waktu. Sedikit hal yang berbeda daripada biasanya adalah adany pembacaan doa qunut nazilah dalam shalat-shalat jahriyyah (Maghrib,Isya’,Shubuh dan Jumat). Selain itu, bacaan shalawat thibbil qulub secara rutin dijadikan dzikir pujian sebelum shalatnya. {abc}      

Baca juga!

Ikuti Protokol Kesehatan, Pengurus Masjid Baitul Muslimin Lepas Semua Karpetnya


Sabun antiseptik disediakan di tempat wudlu masjid Baitul Muslimin.

Sebelum berwudlu jamaah dihimbau mencuci tangan lebih dulu dengan menggunakan sabun antiseptik ini.

Post a Comment

0 Comments