Subscribe Us

header ads

Jelang Ujian Kenaikan Tingkat, Santri Pagar Nusa Lakukan Kegiatan Ini

Para santri Pagar Nusa Pacarpeluk sedang berziarah kubur KH A Wahab Hasbullah di Tambakberas.


[Tambakberas, NUP] – Selain menyiapkan fisik dengan latihan rutin, para santri Pagar Nusa Pacarpeluk juga melakukan ziarah kubur dan ziarah senior jelang Ujian Kenaikan Tingkat. Mereka menyebut kegiatan ini dengan istilah sowan.
Kamis sore, 12/3/2020 para santri Pagar Nusa Pacarpeluk melakukan sowan kepada beberapa senior Pagar Nusa yang tinggal di Tambakrejo. Tujuan pertama adalah sowan kepada Gus Ainur Rofiq Al-Amin. “Pagar Nusa Pacarpeluk tidak bisa dipisahkan dari figur Gus Rofiq, karena beliaulah yang berjasa mendirikan Perguruan ini di Pacarpeluk.”, kata Amirul Mirza Ghulam.
Ketua Pagar Nusa Pacarpeluk ini bersama belasan santri yang lain mengabarkan bahwa mereka tidak bisa ngobrol lama dengan pengasuh Ribath Al-Hadi PPBU Tambakberas ini. “Karena saat itu bersamaan dengan adanya tamu lain, kami tidak bisa berlama-lama di ndalem Gus Rofiq. Tapi tidak apa-apa yang penting kami bisa bershilaturrahmi.”, jelasnya.
Dari ndalem Gus Rofiq, para santri Pagar Nusa ini kemudian bergeser ke ndalem Ahmad Mundzir Khusnan. Ia juga termasuk salah satu senior Pagar Nusa yang juga tinggal di Tambakrejo yang juga sering memberikan masukan-masukan untuk kebaikan santri Pagar Nusa Pacarpeluk.
Tujuan sowan terakhir adalah ziarah makam muassis Nahdlatul Ulama. "Alhamdulillah kami bisa bisa ziarah kubur KH. A. Wahab Hasbullah. Kami tahlilan dan berdoa di sana.", terang Ghulam.  
Kegiatan sowan ini menjadi kekhasan santri Pagar Nusa. Mereka tidak semata-mata melakukan aktivitas fisik, namun juga melestarikan tradisi kaum santri yang gemar bershilaturrahmi orang-orang shalih baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia. {abc}

Baca juga!
Pagar Nusa Pacarpeluk Segera Gelar Ujian Kenaikan Tingkat
Tidak hanya melakukan ziarah kubur muassis NU, para santri Pagar Nusa juga sowan kepada senior Pagar Nusa yang meminta arahan dan nasihat.

Post a Comment

0 Comments