Subscribe Us

header ads

Inilah Manfaat Caring Plus

Shalat Dhuha: ringan dikerjakan namun keutamaannya sangat besar bagi orang yang beriman. 


[Pacarpeluk, NUP] - Salah satu upaya untuk mengindari terinfeksi virus corona adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh atau imun. Ternyata cara mudah dan murah untuk menjaga imun tetap baik adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Orang Jawa, khususnya pedesaan, menyebutnya dengan istilah Caring.
Menurut para ahli. paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet B sangat pas untuk penyerapan vitamin D3. Vitamin D3 ini yang salah satunya dapat menjaga dan meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Sekitar pukul 10.00 pagi adalah waktu terbaik untuk mendapatkan paparan ultraviolet B itu. Inilah saat yang paling tepat untuk melakukan Caring.
Memang waktu itu sinar mahatari sudah terasa agak panas di badan. Namun, manfaatnya sangat besar bagi daya tahan tubuh manusia. Bagi umat Islam, ini juga waktu utama mengerjakan shalat Dhuha. Dasarnya adalah Zaid bin Arqom melihat sekelompok orang melaksanakan shalat Dhuha, lantas ia mengatakan, “Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa selain waktu yang mereka kerjakan saat ini, ada yang lebih utama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “(Waktu terbaik) shalat awwabin (shalat Dhuha) yaitu ketika anak unta merasakan terik matahari.” (HR. Muslim no. 748).
Atas dasar inilah, maka sangat tepat jika sebelum Caring, kita lebih dulu melakukan shalat dhuha minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat setidak-tidaknya sekitar 15 menit sebelum pukul 10.00 pagi. Inilah yang disebut dengan Caring Plus. Jika dua aktivitas ini dilakukan, maka inilah ikhtiar nyata jasmani rohani untuk melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari segala wabah dan balak. {abc}   
Baca juga!

Post a Comment

0 Comments