Subscribe Us

header ads

Menanti Jodoh Pisang Sangkal Ini

Pisang Raja ini berjenis Sangkal, karena pada sisir (cengkehan) paling atas hanya muncul 1 (satu) buah pisang. Pohon pisang ini tumbuh di lahan pertanian pisang KSU KUBe NUP PACARPELUK. 



[Pacarpeluk, NUP] – Sebuah pohon Pisang Sangkal kembali tumbuh dan berbuah di lahan pertanian pisang KSU KUBe NUP PACARPELUK. Pisang Sangkal adalah pisang Raja yang berbuah unik; buah pisang itu hanya ada 1 (satu) atau 3 (tiga) dan berada di bagian sisir (cengkehan) paling atas dalam satu tandan. Ada juga pisang sangkal yang lebih unik lagi, yaitu 1 (satu) tandan hanya ada 1 (satu) buah pisang yang biasanya buahnya berukuran lebih besar daripada umumnya buah pisang raja.  
Karena keunikan itulah pisang ini dianggap bertuah. Ada mitos yang melekat pada Pisang Sangkal ini, yakni dipercaya sebagai salah satu wasilah ikhtiar penolak hal-hal negatif yang menyebabkan seseorang jauh dari jodohnya. Lebih lanjut tentang Pisang Sankal, silakan baca artikel ini, Pisang Sangkal, Apakah Itu?
Berbeda dengan Pisang Sangkal yang telah lebih dulu tumbuh di sekitar Rumah Pergerakan NUP, Pisang Sangkal yang sekarang tumbuh adalah Pisang Sangkal dengan 1 (satu) buah pisang pada bagian sisir (cengkehan) paling atas dalam satu tandan. Jumlah cengkehannya juga lebih banyak, yakni ada 6 (enam) cengkeh.
Pisang sangkal ini tampak tumbuh subur dan sehat. Saat pertama kali diketahui bahwa pohon pisang itu berbuah jenis pisang sangkal, buahnya masih masih melekat dengan bungahnya (Ontong). Bungah itu belum dipotong karena masih ada bakal buah yang masih bisa tumbuh dan berkembang. 
Semua pohon pisang yang ada di lahan ini memang sengaja untuk dijual. Ini adalah salah satu unit usaha koperasi yang digerakkan oleh jamaah dan jam'iyyah NU Pacarpeluk. Jika anda berminat dengan Pisang Sangkal ini segeralah menghubungi KSU KUBe NUP PACARPELUK di Rumah Pergerakan NU Pacarpeluk di dusun Peluk, desa Pacarpeluk, Megaluh, Jombang 61457. Hubungi via SMS, WA atau Telefon di 0856 5534 0317 atau 0858 5322 6016 atau  0821 1448 5505. {abc}



Post a Comment

0 Comments