Subscribe Us

header ads

Jelang Shalat Kusyuf, Warga Desa Ini Gelar Khatmil Quran Virtual

Ilustrasi penampakan Gerhana Matahari Cincin


[Pacarpeluk,NUP] – Sekitar pukul 3 sore nanti akan ada gerhana matahari cincin (Ahad, 21/6/2020). PWNU Jawa Timur melalui Lembaga Falikiyahnya secara resmi mengeluarkan surat edaran nomor 51/LFNU.II/L/VI/2020 yang mengabarkan akan terjadinya fenomena alam itu. Dari titik penglihatan di wilayah Surabaya, awal gerhana akan terjadi pada pukul 15.02 WIB, puncak gerhana pada pukul 15.21 WIB dan akhir gerhana pada pukul 15.40 WIB.
Peristiwa gerhana matahari ini akan bisa dilihat di sebagaian besar wilayah di Jawa Timur. Ada enam kabupaten yang diprediksi tidak bisa menyaksikan gerhana matahari ini, yaitu Blitar, Magetan, Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan.
Menghadapi fenemena alam ini, warga Pacarpeluk bersama Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Pacarpeluk akan menyelenggarakan shalat gerhana matahari (kusyuf). Tempatnya di masjid di empat dusun, yakni Masjid Baitul Muslimin (Peluk), Masjid Muda Al-Mukmin (Tegalrejo), Masjid Baiturrahman (Soko) dan Masjid Darussalam (Pacar).
Menjelang pelaksanaan shalat kusyuf, warga desa ini memperbanyak berdoa dan berdzikir. Mereka menyelenggarakan kegiatan khatmil quran secara virtual. Melalui sambungan group WA, mereka mengorganisasi pembagian juz bacaan al-Quran.
“Dengan khatmil quran ini semoga bisa menjadi tawasul doa kita kepada Allah SWT pada saat terjadinya gerhana matahari nanti.”, kata Sri Utami, warga dusun Pacar yang mengambil bagian dalam khatmil quran virtual ini.
Tidak hanya warga dusun Pacar, Hasan yang merupakan warga dusun Tegalrejo juga sangat bersemangat mengikuti khatmil quran virtual ini. Ia pun mengajak warga yang lain untuk ambil bagian juz dan menyelesaikannya menjelang pelaksanaan shalat kusyuf.
Bacaan al-Quran ini menjadi modal bagi saya untuk memohon perlindungan kepada allah saat terjadinya fenomena alam ini. Semoga Allah melindungi kita dari segala marabahaya.”, kata kader GP ANSOR Pacarpeluk ini. {abc}  

Berita Terkait
Besok Sore, Ikuti Shalat Gerhana Matahari di Masjid Baitul Muslimin!

Post a Comment

0 Comments